Komisi V DPR Apresiasi Realisasi Program Kemendes PDTT

| Rabu, 23/11/2022 17:53 WIB
Komisi V DPR Apresiasi Realisasi Program Kemendes PDTT Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (kanan) saat raker bersama Komisi V DPR RI (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Komisi V DPR RI melakukan rapat kerja Bersama Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) di Gedung Nusantara, Selasa, 22 November 2022. Raker ini membahas Evaluasi Pelaksanaan APBN TA 2022.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae mengapresiasi kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) karena dinilai telah maksimal merealisasikan program dan penyerapan anggaran sepanjang Tahun Anggaran 2022.

“Komisi V DPR RI meminta kepada Kemendes PDTT meningkatkan sistem monitoring dan evaluasi yang rutin serta melaksanakan koordinasi secara reguler untuk mempercepat realisasi program dan anggaran di masing-masing Unit Kerja Eselon I,” kata Ridwan Bae.

Sementara itu, dalam Raker tersebut Gus Halim melaporkan rincian realisasi keuangan dan kegiatan yang telah dilakukan. Menurutnya, serapan anggaran mencapai 2,2 triliun atau setara 70,71 persen dari total pagu termasuk usulan buka blokir Automatic Adjusment.

Gus Halim juga mengakui, realisasi Kemendes PDTT pada 2022 memang lebih rendah dari serapan tahun lalu yang mencapai 75,50 persen. Namun apabila akhir tahun ketika prognosis terpenuhi maka otomatis akan terserap 91,81 persen termasuk Automatic Adjusment.

“Tetapi kalau Automatic Adjusment tidak masuk didalam perhitungan akan mencapai 97,39 persen. Berarti lebih tinggi serapannya dibanding tahun 2021,” papar Gus Halim.

Tags : Kemendes PDTT , Gus Halim , Komisi V DPR