Pemerintah Siapkan Pelayanan Kesehatan di IKN

| Jum'at, 03/02/2023 21:51 WIB
Pemerintah Siapkan Pelayanan Kesehatan di IKN Titik Nol IKN (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mempersiapkan pelayanan kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Mulai dari rumah sakit hingga pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas.

“Bukan hanya membangun rumah sakit (RS) dari sisi pelayanan rujukan, namun juga membangun Puskesmas (di tingkat pertama) untuk penguatan promotif dan preventifnya. Di samping itu, kita akan perkuat juga surveilans pencegahan penyakit dan laboratorium kesehatannya”, kata Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha di IKN, Kamis, 2 Februari 2023.

Kunta menjelaskan bahwa Kemenkes akan mendirikan RS yang dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat di IKN. Kemenkes juga akan mengintegrasikan RS tersebut dengan RS TNI/POLRI dan RS Pendidikan yang terhubung dengan Fakultas Kedokteran di Universitas di IKN.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, dr. Jaya Mualimin menyampaikan, Kemenkes tengah mendorong pemenuhan sarana prasarana dan alat kesehatan di lima Puskesmas yang saat ini berada di wilayah penyangga IKN melalui alokasi DAK Fisik tahun 2022 atau 2023, yakni Puskesmas Sungai Merdeka, Kab. Kutai Kertanegara; Puskesmas Maridan, Puskesmas Sepaku I, Puskesmas Sepaku III, dan Puskesmas Semoi II di Kab. Penajam Paser Utara.

“Terdapat dua RS yang berlokasi paling dekat dengan wilayah otorita IKN, yakni RS Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara dan RS Aji Batara Agung Dewa Sakti di Kabupaten Kutai Kertanegara. Kedua RS tersebut saat ini tidak hanya melayani masyarakat, namun juga para pekerja di kawasan IKN,” tukasnya.

Tags : IKN , Pelayanan Kesehatan , Infrastruktur