Gus Halim Tegaskan Pesantren Pilar Pembangunan Desa

| Senin, 05/06/2023 16:12 WIB
Gus Halim Tegaskan Pesantren Pilar Pembangunan Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menegaskan pondok pesantren telah menjadi pilar pembangunan desa. Menurutnya, pondok pesantren diberbagai pelosok desa selama ini telah menjadi pusat-pusat pendidikan hingga pusat gerakan ekonomi maupun budaya masyarakat sekitar.

"Pendidikan khususnya dari pesantren itu penting karena bangsa Indonesia sampai kapan pun tidak pernah lepas dari alumni pondok pesantren. Alumni dibutuhkan sepanjang masa karena kita membangun bangsa yang besar, negara yang besar," kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim di Sampang, Madura, Sabtu, 3 Juni 2023 lalu.

Pendidikan khususnya berbasis pesantren diyakini Gus Halim, memiliki banyak kelebihan. Kendati demikian, ia mengimbau agar masyarakat tidak hanya fokus pada pendidikan keagamaan namun juga sekolah formal sebagai bekal kehidupan.

"Generasi muda sangat penting dalam membangun Indonesia mulai dari desa hingga kota-kota besar. Jangan sampai generasi terputus pendidikannya kalau bisa sebisa mungkin bisa kuliah," imbuhnya.

Senada dengan Gus Halim, Bupati Pamekasan Badrut Tamam sangat mendukung pentingnya pendidikan pesantren salam pembangunan desa. Menurutnya, ada tiga hal penting bagi generasi milenial. Mulai dari agama, pendidikan, hingga adaptasi perkembangan zaman sangat dibutuhkan untuk membangun negara.

"Iman, ilmu pengetahuan, dan kolaborasi keduanya sesuai dengan tantangan zaman," jelas Badrut Tamam.

Tags : Pesantren , Pembangunan Desa

Berita Terkait