Indikasi Mandek di Daerah, Komisi II DPR Minta KemenPAN-RB Data Seluruh Tenaga Honorer dan K2

| Kamis, 08/06/2023 20:11 WIB
Indikasi Mandek di Daerah, Komisi II DPR Minta KemenPAN-RB Data Seluruh Tenaga Honorer dan K2 Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meminta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk menyampaikan seluruh data tenaga honorer yang telah terdaftar di kementerian tersebut.

“Tolong nanti disampaikan kepada komisi II daftar tenaga honorer. Semuanya, Pak. Daftar tenaga honorer yang sudah terdaftar di Kemenpan RB karena terindikasi ternyata masih banyak juga tenaga honorer yang belum terdaftar di Kemen PAN pak,” kata Junimart Girsang saat raker dengan Menteri PAN-RB, Azwar Anas di Gedung DPR, Rabu, 7 Juni 2023 kemarin.

Hal itu disampaikan Junimart lantaran terindikasi masih banyak tenaga honorer yang datanya mandek di tingkat daerah, “Jadi mereka hanya (terdaftar) di daerah dan kepala daerahnya belum pernah melaporkan tentang tenaga honorer ini,” ujarnya.

Diketahui, tenaga honorer dan K2 menjadi salah satu pembahasan yang disinggung dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi II dengan Menpan RB dan Kepala BKN.

Di sisi lain, Junimart juga mengatakan bahwa KemenPAN-RB dan BKN perlu melakukan pengawasan ketat terhadap pendataan honorer di berbagai tingkatan.

“Saya kira perlu supaya KemenPAN dan BKN itu melakukan pengawasan yang melekat. Contoh, misalnya seseorang sudah menjadi honorer sampai 20 tahun tetapi nama dia tidak masuk dikirimkan ke pusat, yang masuk siapa? Orang baru! Maka saya minta supaya KemenPAN  itu memberikan kepada Komisi II, sudah berapa orang honorer yang terdaftar secara resmi di Kemenpan?” tukasnya.

Tags : Komisi II DPR , Tenaga Honorer , K2

Berita Terkait