Ziarah ke Makam Imam Bukhari, Wapres Sebut Miliki Keterikatan Historis dengan Indonesia

| Jum'at, 16/06/2023 19:46 WIB
Ziarah ke Makam Imam Bukhari, Wapres Sebut Miliki Keterikatan Historis dengan Indonesia KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin bersama rombongan berziarah ke makam ulama yang terkenal dengan ilmu hadisnya, Imam Bukhari di Samarkand, Uzbekistan, Kamis, 15 Juni 2023. Ulama yang memiliki nama lengkap Muhammad bin Ismail Al Bukhari ini memiliki julukan sebagai Amirul mukminin fil hadits atau pemimpin orang-orang beriman dalam hal ilmu hadis.

Imam Bukhari lahir di Bukhara, 13 Syawal 194 H atau 21 Juli 810 dan wafat di Khartank, sebuah desa kecil dekat Samarkand pada hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 256 H atau 1 September 870. Saat ini Makam Imam Bukhari masih dalam tahap rekonstruksi dan akan dibangun cukup besar, karena direncanakan nantinya akan tersedia museum dan masjid dengan kapasitas 10 ribu orang jemaah di dalamnya.

"Saat ini sedang melakukan pembangunan yang cukup besar, akan ada museum, makam, dan masjid dengan 10 ribu orang di dalamnya," kata Mr. Sayyidmahmudxon, seorang imam di Makam Imam Bukhari yang menyambut dan memberikan penjelasan kepada Wapres.

Tidak dipungkiri, kepopuleran Imam Bukhari sebagai seorang ahli hadis mampu menjangkau masyarakat umum secara global. Hal ini tidak terlepas dari kisah penemuan makam Imam Bukhari yang menjadi sejarah penting bagi umat muslim dunia.

Keterkaitan penemuan makam Imam Bukhari sarat akan historis dengan Indonesia, sebab diceritakan Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno, yang dikenal dengan panggilan Bung Karno, berperan besar dalam penemuan dan pembangunan makam Imam Bukhari ini.

"Dulu ini tidak dikenal, tidak ditemukan (makam) Imam Bukhari ini. Tapi Bung Karno menyadarkan pemerintah sini (Uzbekistan) bahwa di sini ada tokoh utama, yaitu Imam Bukhari," kata Wapres dilansir dari laman resmi Wapres RI, Jumat (16/6).

Sejalan dengan yang dikisahkan tersebut, Wapres berujar telah mengusulkan kepada pemerintah Uzbekistan agar dapat membangun perpustakaan untuk mengenang jasa presiden pertama Indonesia ini yang diberi nama Soekarno Memorial Library.

"Kita sedang mengusulkan supaya di tempat ini dibangun, karena dulu ada kaitan dengan Bung Karno, (yaitu) Soekarno Memorial Library," tuturnya.

Tags : Wapres RI , Ziarah , Imam Bukhari , Indonesia , Uzbekistan