Presiden Jokowi Minta Polemik PPDB Diselesaikan Baik-baik

| Kamis, 20/07/2023 19:13 WIB
Presiden Jokowi Minta Polemik PPDB Diselesaikan Baik-baik Presiden Jokowi (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Pemerintah pusat dan daerah untuk segera menyelesaikan permasalahan di lapangan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Masalah lapangan selalu ada di semua kota, kabupaten, maupun provinsi ada semuanya, tapi yang paling penting diselesaikan baik-baik di lapangan,” ujar Presiden Jokowi di Bengkulu, Kamis, 20 Juli 2023.

Dikutip laman detik, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku sudah mengantongi data terkait polemik kasus PPDB jalur zonasi.

"Kalau kita lihat level kasusnya masih sporadis ya. Saya sudah punya data, ya ndak banyak-banyak amat kasusnya itu, hanya memang menyebar hampir seluruh daerah ada kasus, dan itu kan mestinya bisa diselesaikan di masing-masing daerah, tidak perlu sampai tingkat pusat. Tapi nanti akan kita evaluasi lah paling terakhir," kata Muhadjir.

Sebelumnya, Muhadjir juga mengatakan bahwa pemerataan kualitas sekolah itu mesti dilakukan agar tidak ada persepsi di tengah publik mengenai sekolah favorit dan tidak favorit yang bisa menimbulkan kecurangan.

"Harus segera melakukan program pemerataan sekolah, pendidikan, karena tujuan dari zonasi itu memang menciptakan pemerataan pendidikan biar tidak ada sekolah favorit,” tukas Muhadjir.

Tags : PPDB , Siswa

Berita Terkait