Presiden Jokowi Sebut Subsidi Kendaraan Listrik Agar Iklim Investasi Indonesia Kompetitif

| Jum'at, 18/08/2023 19:12 WIB
Presiden Jokowi Sebut Subsidi Kendaraan Listrik Agar Iklim Investasi Indonesia Kompetitif Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa subsidi kendaraan listrik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat agar iklim investasi di Indonesia kompetitif. Ia pun menyadari banyak pihak yang mempertanyakan besarnya subsidi kendaraan listrik di Tanah Air.

"Ya, karena negara lain semua melakukan itu. Contoh Thailand memberikan subsidi kepada mobil listrik (sekitar) 68 (juta rupiah)," kata Presiden Jokowi dilansir dari antaranews, Jumat, 18 Agustus 2023.

Menurut Kepala Negara, Indonesia harus memberlakukan subsidi yang besar kepada kendaraan listrik, agar dapat meningkatkan minat investasi. Oleh karena itu, Pemerintah memberlakukan subsidi sekitar Rp7 juta untuk sepeda motor listrik dan sekitar Rp70 juta bagi mobil listrik.

"Kalau (subsidi) kita di bawah (Thailand) itu, investasi semua akan pergi ke sana tidak pergi ke Indonesia. Inilah dunia yang memang berkompetisi sangat ketat sekali," ujarnya.

Presiden Jokowi menekankan bahwa di masa sarat persaingan yang tengah berlangsung, Indonesia harus mau melongok dan membandingkan diri dengan negara-negara pesaing apabila ingin memenangkan kompetisi.  Indonesia, tambah Presiden Jokowi, tidak boleh hanya cukup melihat ke diri sendiri dan harus menyesuaikan agar lebih baik dibandingkan negara lain.

"Kita harus pelajari apa yang dilakukan negara lain dan kita harus adaptif. Jika kompetitor melakukan perubahan kebijakan, kita juga harus, dan kebijakan kita juga harus lebih baik lagi dari mereka," imbuhnya.

Tags : Jokowi , Kendaraan Listrik , Subsidi , Indonesia

Berita Terkait