Menteri PPPA Sebut Peran Perempuan Penting sebagai Penggerak Ekonomi

| Sabtu, 02/09/2023 19:06 WIB
Menteri PPPA Sebut Peran Perempuan Penting sebagai Penggerak Ekonomi Menteri PPPA Bintang Puspayoga. (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan bahwa peran perempuan adalah penting sebagai penggerak ekonomi bangsa.

"Perempuan adalah penggerak di banyak sektor," kata Bintang dalam Forum CEO Perempuan ASEAN di Jakarta, Sabtu, 2 September 2023.

Diungkapkannya, perempuan saat ini menempati lebih dari separuh populasi di seluruh dunia.  Oleh karena itu, pemberdayaan perempuan sangat penting untuk mendorong pembangunan yang berkelanjutan, yang mendorong kesetaraan dan partisipasi penuh bagi perempuan.

Di Indonesia, perempuan mengelola lebih dari setengah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta unit usaha yang pada gilirannya mampu mendorong perekonomian nasional. 

Sementara itu, perempuan yang secara finansial mandiri juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mengurangi risiko praktik eksploitasi pada anak dan pernikahan anak yang biasanya muncul akibat kemiskinan.

Untuk itu, semua pihak, menurut dia, perlu mendorong potensi yang ada pada perempuan. Sementara pemberdayaan perempuan juga perlu dijadikan sebagai bagian dari strategi nasional, regional dan global untuk mewujudkan masa depan yang makmur dan berkelanjutan.

Pemerintah Indonesia sendiri, kata dia, sepenuhnya mendukung kesetaraan gender. Komitmen terhadap keselamatan dan kesejahteraan rakyat, terlepas dari gender mereka, dengan jelas dinyatakan di dalam konstitusi.

Tags : Menteri PPPA , Perempuan , Indonesia , ASEAN