Akademisi: PLTA Batang Toru Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

| Selasa, 05/09/2023 10:23 WIB
Akademisi: PLTA Batang Toru Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan foto: istimewa

RADARBANGSA.COM - Air merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu penggunaan energi air yang sangat esensial adalah manfaatnya untuk menghasilkan energi listrik. Jumlahnya yang berlimpah menjadikan air sebagai salah satu sumber energi terbarukan.

Proyek pemanfaatan energi air untuk menghasilkan energi listrik sudah mulai dilakukan di Indonesia, antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru di Sumatera Utara. 

Dosen UIN Syahada Padangsidmpuan, Mhd. Latip Kahfi menyatakan, PLTA Batanb Toru adalah wujud konkret kehadiran pemerintah dalam upaya transisi ke energi bersih di Indonesia. Menurutnya PLTA tersebut dapat memenuhi kebutuhan energi terbarukan, khususnya bagi warga Sumut.

"Saya tentu mengapresiasi adanya PLTA Batang Toru. Kita tahu di Sumut ini masih ada 65.000 ribuan Rumah Tangga yang belum mendapatkan Aliran Listrik. Bagusnya PLTA itu juga ramah lingkungan, energinya bersih dan berkelanjutan," katanya saat menghadiri Diskusi Politik Perubahan Iklim dan Energi Terbarukan di Padang Sidempuan, Minggu (3/9/2023).

Latip menyatakan, dengan menggunakan energi terbarukan, Indonesia dapat memanfaatkan sumber energi yang tidak akan habis, seperti matahari, angin, dan air.

"Penerapan energi terbarukan adalah solusi terbaik untuk menjaga kelangkaan energi, ketahanan energi nasional dan kelestarian lingkungan," tegasnya.

Sementara dari kacamata agama Islam, Latip menambahkan, energi bukan lagi menempati posisi sebagai kebutuhan sekunder, tetapi sudah masuk pada kategori primer. Sebab hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia membutuhkan energi.

"Islam melihat energi bukan lagi menjadi hajiyah, tapi sudah menjadi dlaruriyyah, (yaitu) kebutuhan energi di zaman modren yang semakin besar menjadikan EBT sebagai kebutuhan dasar manusia," tukasnya.

Tags : PLTA

Berita Terkait