Presiden Jokowi: ASEAN Punya Modal Besar Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

| Selasa, 05/09/2023 22:07 WIB
Presiden Jokowi: ASEAN Punya Modal Besar Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia KTT ASEAN (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Sesi Pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa, 5 September 2023.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa ASEAN memiliki modal yang besar untuk menjadi pusat pertumbuhan atau epicentrum of growth. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, Presiden menekankan pentingnya negara-negara ASEAN untuk bekerja lebih kompak dan gesit.

“Arah ASEAN jelas menjadi epicentrum of growth. Modal ASEAN besar untuk meraihnya, tapi ASEAN harus mampu bekerja lebih keras, lebih kompak, lebih berani, dan lebih gesit,” kata Presiden Jokowi.

Selain itu, kata Presiden Jokowi, ASEAN juga butuh strategi taktis jangka panjang yang relevan dan sesuai harapan rakyat, yang tidak hanya untuk lima tahun ke depan tapi 20 tahun depan sampai 2045.

“Dan, saya mengapresiasi dukungan negara anggota ASEAN dalam pembahasan ASEAN Concord IV,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi juga membuka Sesi Retreat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (05/09/2023).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, ada dua isu yang akan menjadi fokus kali ini, yaitu reviu implementasi five-point consensus dan implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

“Terkait implementasi lima poin konsensus, saya ingin mengingatkan bahwa five-point consensus adalah upaya kolektif ASEAN sebagai keluarga yang telah disepakati para pemimpin ASEAN di Jakarta pada 24 April 2021,” kata Presiden Jokowi.

Tags : KTT ASEAN , Presiden Jokowi

Berita Terkait