Gus Imin: Spirit Sunan Drajat Adalah Melindungi yang Lemah

| Sabtu, 09/09/2023 17:35 WIB
Gus Imin: Spirit Sunan Drajat Adalah Melindungi yang Lemah Ketua Umum PKB, Gus Imin dan rombongan berziarah ke Makam Sunan Drajat di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Sabtu (9/9). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin mengungkapkan bahwa spirit Sunan Drajat adalah berpihak pada yang lemah. Hal itu disampaikannya usai berziarah ke makam Sunan Drajat di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Sabtu, 9 September 2023.

"Spirit dari ajaran Sunan Drajat yang paling pokok itu adalah melindungi yang papa, melindungi yang lemah, melindungi yang tidak berdaya. Kalau ketemu orang lapar beri makan, kalau ketemu orang telanjang beri pakaian, kalau ketemu orang kehujanan beri payung, kalau ketemu orang tidak punya makanan beri makanan," kata Gus Imin.

Menurut Gus Imin, ajaran dari Sunan Drajat yang selalu membantu masyarakat serta berpihak pada yang lemah sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan. Karena itu, lanjutnya, derajat Sunan Drajat itu tinggi.

"Ini artinya spirit untuk berpihak kepada yang membutuhkan dan lemah. Tapi, (meskipun) kelihatannya hanya berpihak, sesungguhnya ini adalah peningkatan derajat. Sunan drajat itu derajatnya tinggi karena pengabdiannya yang tulus kepada yang membutuhkan dan lemah," ungkapnya.

Wakil Ketua DPR RI itu mengajak semua pihak untuk menerapkan spirit Sunan Drajat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Yakni, saling bahu membahu, saling berbagi dan tolong menolong.

"Dengan spirit Sunan Drajat ini kita berharap terus kuat, bahu membahu, saling berbagi, yang kuat menolong yang lemah. Ini spirit gotong royong bangsa kita yang harus terus terjaga sampai bangsa ini maju," tuturnya.

Tags : Gus Imin , Sunan Drajat , Spirit , Lamongan