Komisi IV DPR RI Dorong Kementan Mitigasi Melalui Bibit Unggul

| Kamis, 21/09/2023 22:15 WIB
Komisi IV DPR RI Dorong Kementan Mitigasi Melalui Bibit Unggul Anggia Erma Rini (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini menanggapi permasalahan harga beras di pasaran yang saat ini terus naik akibat dampak El Nino yang diperkirakan akan terjadi hingga akhir tahun. Untuk itu, Komisi IV menilai pemerintah perlu menyiapkan sumber pangan lokal lain sehingga masyarakat tidak hanya bergantung pada beras dan mendorong Kementerian Pertanian menyiapkan bibit unggul untuk mempertahankan produktivitas.

"Jadi karena ini harus diantisipasi, negara harus menyiapkan sumber pangan yang lain ya karena khawatir dan pasti bisa dipastikan bahwa hasil panen pasti berpengaruh, hasil tanaman pasti berpengaruh. Oleh karena itu harus ada antisipasi dengan menggunakan misalnya, local wisdom misalnya kan enggak harus beras makanan masyarakat ini diajak enggak harus beras," kata Anggia seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 21 September 2023.

Selain dengan memanfaatkan sumber pangan lokal yang dimiliki oleh masing-masing daerah, langkah antisipasi lain yang telah dilakukan Komisi IV adalah dengan mendorong Kementerian Pertanian untuk menyiapkan bibit unggul. Hal ini agar tanaman dapat bertahan di tengah kondisi El Nino dan produktivitas pangan dapat tetap dipertahankan.
 
"Tapi kalau misalnya yang lain mungkin ada, ada antisipasi atau mitigasi yang lain yang bisa dilakukan oleh Kementerian Pertanian kami kemarin salah satunya adalah yang paling signifikan itu tentang bibit unggul. Jadi untuk mempertahankan produktivitas juga bibit unggul penting juga gitu, saya pikir itu," ungkapnya.

Kemudian antisipasi lain yang telah dibicarakan Komisi IV dengan pemerintah adalah dengan melakukan operasi pasar melihat pasokan beras di lapangan. Operasi pasar ini juga dilakukan untuk menstabilkan harga beras. Dan rekomendasi langkah mitigasi ini pun telah dilakukan oleh Bulog.

Tags : DPR RI , Kementan , Pangan , Beras , El Nino