Hadapi Perkembangan AI, Kemnaker: Dibutuhkan Peningkatan Kompetensi SDM

| Senin, 02/10/2023 20:59 WIB
Hadapi Perkembangan AI, Kemnaker: Dibutuhkan Peningkatan Kompetensi SDM Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, perkembangan Artificial Intelligence (AI) yang semakin pesat di Indonesia akan memberikan banyak manfaat terutama di sektor lapangan pekerjaan.

"Untuk itu, diperlukan upskilling dan reskilling untuk meningkatkan keterampilan SDM dalam menghadapi perkembangan teknologi AI," ucap Sekjen Anwar ketika menjadi pembicara secara virtual pada Forum Sinergi UGM Kagama, Minggu, 1 Oktober 2023.

Menurut Anwar Sanusi, teknologi AI dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, sementara di sisi lain dapat menggantikan beberapa pekerjaan yang dulunya dilakukan oleh manusia. Hal Ini dapat menyebabkan pengurangan tenaga kerja di beberapa sektor.

"Namun, teknologi AI juga membuka peluang baru untuk pekerjaan di sektor teknologi, seperti data analyst, data scientist, dan machine learning engineer," imbuhnya.

Meskipun teknologi AI dapat menggantikan beberapa pekerjaan manusia, kata Anwar, tetapi membuka peluang baru di sektor teknologi. "Oleh sebab itu, perusahaan harus mengembangkan keterampilan baru untuk bersaing di era digital yang semakin maju," tukasnya.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan