Gus Halim Tingkatkan Kesejahteraan Pendamping Desa

| Senin, 09/10/2023 18:49 WIB
Gus Halim Tingkatkan Kesejahteraan Pendamping Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar terus berupaya meningkatkan kesejahteraan tenaga pendamping profesional atau tenaga pendamping desa.

“Jangan khawatir, pada saatnya nanti akan ditingkatkan,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (6/10/2023) lalu.

Gus Halim-sapaan akrabnya mengingatkan, tugas pendamping profesional tidak ringan, namun harus tetap dilaksanakan dengan baik.

“Kita tingkatkan kemampuan kita dalam pendampingan. Supaya warga masyarakat semakin hari semakin sejahtera yang salah satunya adalah karena kehadiran pendamping profesional,” ujarnya.

Gus Halim juga menjelaskan bahwa saat ini banyak yang tidak paham atau salah memahami di mana seolah-olah kalau desa-desa sudah mandiri, maka tidak lagi diperlukan adanya tenaga pendamping profesional. Menurutnya, justru semakin mandiri status IDM desa, maka semakin butuh kehadiran tenaga pendamping profesional.

“Kenapa? Jawabannya singkat, prinsip pemanfaatan dana desa adalah pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM (sumber daya manusia). Ini tidak akan pernah selesai sampai kapan pun. Negara semaju apa pun tetap berpikir tentang pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM,” tukasnya.

Tags : Pendamping Lokal Desa , PLD , Kemendesa PDTT

Berita Terkait