Gus Halim: Percepatan Pembangunan Desa Dibutuhkan Kolaborasi Pusat dan Daerah

| Kamis, 12/10/2023 17:06 WIB
Gus Halim: Percepatan Pembangunan Desa Dibutuhkan Kolaborasi Pusat dan Daerah Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengungkapkan, percepatan pembangunan desa dan daerah tertinggal sangat membutuhkan peran aktif dari pemerintah daerah (Pemda) tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

“Kolaborasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus memiliki basis agenda yang serupa, fokus menjawab tantangan lapangan yang serupa,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2023 lalu.

Gus Halim-sapaan akrabnya mengungkapkan, di saat dunia pesimistis dengan target SDGs global pada 2030, Indonesia justru sangat optimistis karena telah dibreakdown hingga ke level desa.

“Sepanjang 2031 hingga 2045 sinergi akan fokus untuk menguatkan posisi desa dalam visi Indonesia Emas 2045,” imbuhnya.

Gus Halim merincikan bahwa 0 persen desa sangat tertinggal, 100 persen desa maju dan mandiri, 100 persen BUMDesa Maju, nol daerah tertinggal dan 100 persen kawasan transmigrasi berdaya saing.

“Selain melalui kesepakatan dokumen, sinergitas harus dijalin sehari-hari melalui komunikasi intensif antara Kementerian dan Lembaga pada tingkat pusat dengan Bappeda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Dinas Transmigrasi baik provinsi maupun kabupaten/kota,” tukasnya.

Tags : Dana Desa , Gus Halim , Kemendes PDTT

Berita Terkait