Menlu ASEAN Desak Konflik Israel-Palestina Segera Dihentikan

| Jum'at, 20/10/2023 20:20 WIB
Menlu ASEAN Desak Konflik Israel-Palestina Segera Dihentikan Logo ASEAN (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mendesak penghentian segera kekerasan dan menyerukan penghormatan penuh terhadap hukum humaniter internasional dalam konflik Israel-Palestina. Dalam sebuah pernyataan bersama Menteri Luar Negeri ASEAN, Jumat, 20 Oktober 2023, organisasi kawasan ini menyatakan keprihatinannya atas meningkatnya konflik bersenjata di Timur Tengah baru-baru ini.

Organisasi itu mengutuk keras tindakan kekerasan yang menewaskan dan melukai warga sipil, termasuk warga negara anggota ASEAN, dan menyeru semua pihak agar menciptakan koridor kemanusiaan yang aman, cepat, dan bebas hambatan.

"ASEAN menegaskan kembali dukungannya terhadap solusi dua negara yang dinegosiasikan yang memungkinkan Israel dan Palestina hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan," kata pernyataan itu.

"Ini akan menjadi satu-satunya jalan yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan akar penyebab konflik," tambahnya. 

ASEAN mendesak semua pihak agar melindungi dan menjamin keselamatan dan keamanan semua warga sipil serta pembebasan segera semua sandera tanpa syarat.  ASEAN juga mendesak masyarakat internasional agar mendukung proses perdamaian antara Israel dan Palestina guna menjamin perdamaian dan stabilitas jangka panjang di kawasan.

Tags : ASEAN , Menlu , Konflik , Israel , Palestina , Indonesia