Gus Imin: Negara Harus Investasi Besar dan Perkecil Bunga Bank

| Sabtu, 23/12/2023 17:50 WIB
Gus Imin: Negara Harus Investasi Besar dan Perkecil Bunga Bank Abdul Muhaimin Iskandar (Cawapres RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin menegaskan bahwa pemerintah harus memiliki keberanian memberikan permodalan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu, Gus Imin mendorong agar aturan terkait Kredit Usaha Rakyat (KUR) dirombak total.

"Memang harus investasi besar negara, memperkecil bunga kalau perbankan. KUR harus dirombak total agar lebih memberikan keuntungan bagi pengusaha kecil, karena bunganya masih terlalu besar," ujar Gus Imin dalam keterangannya usai menghadiri acara 'AMIN Prenuer' bersama UMKM di Graha Idola, Gebog, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu, 23 Desember 2023.

Wakil Ketua DPR RI bidang Kokesra ini mengungkapkan, pemerintah harus mengambil peran rentenir dalam memberikan permodalan usaha pada masyarakat. Gus Imin menilai pelaku usaha butuh jaminan permodalan yang aman dan mudah agar produksi tetap berjalan.

"Kedua, kita harus berani menginvestasikan, mengganti posisi rentenir. Rentenir aja berani tanpa agunan. Karena apa? Karena ada kontinuitas yang terjadi. Itu yang harus diambil perannya oleh pemerintah," ungkap Gus Imin.

Untuk itu, Gus Imin menyebut pasangan AMIN (Anies-Muhaimin) memberikan solusi bagi kemajuan UMKM di Tanah Air. Termasuk, permodalan untuk kaum muda berusaha. 

"Karena itu kita siapkan hitung-hitungan oleh tim ekonomi AMIN, kita siapkan untuk enterprenuer. Kalau 150 triliun itu buat kaum muda saja pasti berlebih- lebih," tukasnya.

Tags : Gus Imin , UMKM , AMIN Prenuer , Kudus , Bank