Ketua DPR RI Ingatkan Lindungi Hak Pilih Rakyat Indonesia

| Rabu, 17/01/2024 08:11 WIB
Ketua DPR RI Ingatkan Lindungi Hak Pilih Rakyat Indonesia Ilustrasi pemungutan suara. (Foto: Perludem)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pada semua pihak bahwasanya Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 merupakan hajat rakyat. Ia menekankan bahwa rakyat Indonesia memiliki kedaulatan besar untuk menentukan masa depan melalui pemilihan calon presiden dan wakil presiden beserta anggota dewan. 

Karena itu, Puan mengingatkan supaya seluruh stakeholder agar berpartisipasi aktif menciptakan Pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (Luber dan Jurdil). Dirinya juga menilai Pemilu tahun ini berpotensi membuka peluang untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

"Pemilu bukanlah hanya perebutan kekuasaan negara secara konstitusional bagi partai politik, akan tetapi adalah hak rakyat untuk dapat hidup lebih baik, lebih mudah, dan sejahtera. Bagi rakyat, pemilu merupakan kesempatan bagi dirinya untuk dapat mengangkat harkat dan martabat hidupnya," ujar Puan dikutip dari laman resmi DPR RI, Rabu, 17 Januari 2024.

Politisi PDI-Perjuangan itu menegaskan bahwa rakyat Indonesia tidak boleh dihalang-halangi untuk memperoleh hak pilih dan memilih dalam Pemilu 2024 sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. Oleh karena itu, tegasnya, negara harus menjamin dengan berpegang teguh memegang komitmen menciptakan pemilu Luber dan Jurdil.

"Semua lembaga negara; legislatif, eksekutif, yudikatif; KPU, Bawaslu, TNI, POLRI, ASN, partai politik serta berbagai komponen bangsa lainnya, wajib menjalankan komitmen yang sama, sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi, yaitu bahwa pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil," ungkapnya.

Di sisi lain, tahun 2024 menjadi tahun terakhir bagi Para Pimpinan beserta Anggota DPR periode 2019-2024 untuk melaksanakan tugas konstitusional. Sebab itu, dirinya meminta agar meninggalkan warisan (legacy) yang dapat mengakselerasi terwujudnya kehidupan bangsa dan negara yang sejahtera, tentram, dan adil.

"DPR RI memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang demokratis, jujur, dan adil; kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara demokratis," tukasnya.

Tags : DPR RI , Pemilihan Umum , Hak Pilih , Rakyat