Wapres Maruf Amin Tegaskan Tetap Netral Sikapi Pemilu 2024

| Jum'at, 26/01/2024 07:05 WIB
Wapres Maruf Amin Tegaskan Tetap Netral Sikapi Pemilu 2024 KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH.  Maruf Amin menegaskan bahwa dirinya akan tetap netral dalam menyikapi dinamika Pemilu 2024.

"Saya sejak awal sudah memposisikan diri untuk bersikap netral. Tidak memihak (salah satu pasangan calon)," kata Wapres seperti dilansir dari antaranews, Jumat, 26 Januari 2024.

Menurutnya, suara yang akan dia berikan bagi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pilihannya, adalah hal yang sangat rahasia dan pribadi.

"Perkara nanti (siapa) pilihan saya, saya akan tuangkan nanti saja pada tanggal 14 Februari (pada hari pemungutan suara). Dan tidak boleh ada yang tahu," ungkapnya.

Sementara itu, menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan bahwa seorang presiden boleh memihak dan boleh ikut berkampanye, Wapres Ma’ruf menyebut bahwa sesuai aturan memang boleh.

"Saya kira soal (pernyataan) Presiden sudah jelas ya. Aturannya boleh. Ada pihak yang tidak setuju, ada yang setuju, silakan saja nanti urusannya publik saja (yang menilai)," ujarnya.

Wapres juga mengatakan bahwa dirinya tidak mempermasalahkan pernyataan Jokowi, yang dinilai banyak pihak telah menyalahi etika politik. "Tetapi ini bukan berarti perbedaan dengan Presiden. Kalau Presiden sudah mengatakan seperti itu ya sudah, ya (tetapi) saya memang (memilih) tetap netral," ucapnya.

Tags : Wapres RI , Pemilu 2024 , Netral , Indonesia