Wapres Maruf Amin Sebut NU dan Muhammadiyah Penerima Pertama Zayed Award di Asia

| Senin, 05/02/2024 07:01 WIB
Wapres Maruf Amin Sebut NU dan Muhammadiyah Penerima Pertama Zayed Award di Asia KH. Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin menyampaikan bahwa organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menjadi penerima Zayed Award for Humanity and Fraternity yang pertama dari Asia pada tahun ini.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Persatuan Emirat Arab, panitia, dan dewan juri atas penghargaan ini," kata Wapres dalam pidato sambutannya di hadapan sejumlah delegasi Human Fraternity Majlis 2024 di Abu Dhabi, dilansir dari antaranews, Senin, 5 Februari 2024.

Wapres mengatakan, kehadiran NU dan Muhammadiyah di Indonesia menjadi berkah bagi modal sosial Indonesia dalam mewujudkan koeksistensi damai.

"Sebagai bangsa yang sangat majemuk, alhamdulillah Indonesia berhasil mengedepankan harmoni dan toleransi untuk mewujudkan koeksistensi damai. Hal ini tercapai antara lain karena Indonesia diberkahi dengan modal sosial yang sangat kuat," terangnya.

Di antara modal sosial tersebut, lanjut Wapres, terdapat NU dan Muhammadiyah sebagai dua organisasi keagamaan terbesar di Indonesia yang berada di garda depan mempromosikan dan menjaga moderasi beragama, persatuan, dan pemberdayaan umat.

Pemerintah Indonesia bersama dengan seluruh masyarakat sipil, termasuk NU dan Muhammadiyah, berkomitmen untuk terus mempromosikan Islam moderat dan nilai-nilai Islam yang rahmatan lilalamin di Indonesia dan di dunia.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga menyampaikan selamat atas peringatan tahun ke-5 Dokumen Persaudaraan Dunia dan Hidup Bersama yang ditandatangani pada tahun 2019 oleh Paus Fransiskus dan Syaikhul Azhar Syekh Ahmed Al-Tayeb.

Wapres berharap dokumen tersebut terus menjadi pengingat bagi masyarakat dunia tentang pentingnya nilai-nilai persaudaraan dan kemanusiaan global yang melampaui pembeda apapun, termasuk agama dan kepercayaan.

Penghargaan Zayed Award for Humanity and Fraternity merupakan rangkaian dari agenda peringatan tahun ke-5 Dokumen Persaudaraan Dunia dan Hidup Bersama, 4-5 Februari 2024.

Diketahui, Wapres Maruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab (UEA) dalam rangkaian menghadiri sekaligus menyaksikan penyerahan penghargaan Zayed Award for Humanity and Fraternity kepada perwakilan NU dan Muhammadiyah yang diagendakan berlangsung pada Senin (5/2).

Tags : Wapres RI , NU , Muhammadiyah , Zayed Award