Komisi V DPR Dorong Basarnas Libatkan Masyarakat Latihan Kebencanaan

| Kamis, 14/03/2024 20:31 WIB
Komisi V DPR Dorong Basarnas Libatkan Masyarakat Latihan Kebencanaan Workshop bidang pembinaaan potensi SAR (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI Tamanuri mendukung Basarnas untuk terus mengembangkan pelatihan dengan melibatkan masyarakat terkait kebencanaan. Menurutnya, pelatihan kebencanaan tidak hanya struktural melainkan perlu melibatkan masyarakat luas.

“Nah ini kan saya juga mengharapkan kepada mereka bahwa latihan fisik, latihan daripada Basarnas ini terhadap orang-orang yang ada di lapangan, bukan hanya struktural (anggota kelembagaan Basarnas) saja, akan tetapi perlu ditambah dengan tenaga tenaga masyarakat,” ujar Tamanuri dalam rilisnya, Kamis, 14 Maret 2024.

Dengan adanya pelatihan kebencanaan tersebut, kata Tamanuri, diharapkan masyarakat yang terlatih dan terdidik sehingga dapat menjadi garda terdepan untuk dapat melindungi diri mereka masing masing maupun di sekitarnya.

“Harapan kita supaya masyarakat awam bisa menjadi masyarakat yang terdidik. Setidak-tidaknya walaupun mereka tidak bisa membantu yang lain tapi untuk diri mereka sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Tamanuri, guna menghadapi cuaca dan kondisi yang cukup ekstrem seperti belakangan ini. Ia menilai perlu ada kemauan yang keras dan manajemen yang baik, terutama pada Basarnas sehingga segala macam musibah musibah ada di lapangan bisa tertangani dengan baik. 

"Meski dengan anggaran yang terbatas, dirinya berharap Basarnas mampu mengatur sedemikian rupa sehingga semua kegiatan-kegiatan yang menyangkut basarnas bisa ditangani dan negara di mata rakyat betul-betul memperhatikan masyarakat," tukasnya.

Tags : Basarnas , Latihan kebencanaan

Berita Terkait