Pemerintah Bakal Tingkatkan Layanan di Sejumlah Simpul Transportasi di Kalimantan

| Selasa, 19/03/2024 20:42 WIB
Pemerintah Bakal Tingkatkan Layanan di Sejumlah Simpul Transportasi di Kalimantan Bandara Rahadi Oesman (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Mengub), Budi Karya Sumadi mengatakan, sejumlah simpul transportasi di Kalimantan akan ditingkatkan layanannya terutama untuk mendukung konektivitas.

"Kemenhub akan terus meningkatkan pelayanan bandara dan pelabuhan di Kalimantan untuk mendukung konektivitas, mendorong kunjungan wisata dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan setempat,” kata Menhub Budi di Pangkalan Bun, Selasa, 19 Maret 2024.

Menurut Menhub Budi, ada beberapa yang menjadi simpul transportasi udara di Kalimantan, seperti Bandara Rahadi Oesman, Bandara Iskandar hingga pelabuhan Kumai.

“Bandara Rahadi Oesman, Ketapang merupakan bandara kelas III dengan panjang runway 1400 x 30 meter dan luas terminal 1.800 m². Pada tahun 2024, terminal bandara ini akan direvitalisasi dengan anggaran senilai Rp 20 miliar,” imbuhnya.

Bandara ini melayani penerbangan Ketapang - Pontianak sebanyak empat kali sehari dan Ketapang - Semarang tiga kali seminggu. Sepanjang Tahun 2023, bandara ini melayani 1.234 pesawat, dengan 70.078 kedatangan dan 70.341 keberangkatan penumpang.

Sementara Bandara Iskandar, Pangkalan Bun merupakan bandara dengan panjang runway 2.120 x 45 meter dan luas terminal 3.500 m². Bandara ini melayani penerbangan ke Jakarta, Surabaya dan Semarang.

Sementara itu, dalam jangka pendek, terminal Bandara Iskandar akan direnovasi untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Selanjutnya, Bandara Iskandar juga akan memperluas area parkir terminal dan mengupayakan penerbangan angkutan perintis guna konektivitas antar pulau Kalimantan.

Tags : Bandara , Pelabuhan , Kemenhub