Komisi XI DPR Dukung Audit Investigatif BUMN Bermasalah

| Senin, 13/01/2020 22:38 WIB
Komisi XI DPR Dukung Audit Investigatif BUMN Bermasalah Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan saat memimpin Tim Kunjungan Kerja (Kunker) ke Lampung Timur, Jumat (22/11). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi mendukung agar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit seluruh Yayasan dana pensiun dan Asuransi milik pemerintah (BUMN). Menurutnya, langkah tersebut sangat penting agar BUMN menjadi sehat.

"Itu penting. Tidak hanya audit kinerja tapi juga audit investigatif sehingga BUMN-BUMN itu menjadi sehat karena kita tahu banyak yang keuangannya bermasalah. Sudah terbukti ada fraud," kata Fathan dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.

Baca Juga: Kinerja Bank Muamalat Menurun, Fathan Subchi Minta OJK Tanggap

Terkait kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya, Legislator Fraksi PKB itu menilai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memadukan pendekatan hukum dan korporasi dalam menyelamatkan Jiwasraya cukup tepat. Menurutnya, satu sisi negara harus mengejar pihak-pihak yang diduga mengemplang dana Jiwasraya, namun di sisi lain BUMN tersebut juga harus diselamatkan secara bisnis.

"Penyelesaian kasus Jiwasraya harus double track dalam arti pelaku fraud harus dikejar. Di sisi lain, bisa dilakukan penyelamatan bisnis misalkan dengan membentuk holding asuransi atau menjual anak perusahaan," terangnya.

Baca Juga: Fathan Subchi Minta Penyaluran Dana KUR Tepat Sasaran

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Menteri Keuangan (Menkeu) dan Kementerian BUMN tengah melakukan analisis untuk mencari solusi tepat dalam menyelamatkan sisi bisnis perusahaan asuransi milik negara tersebut.

Tags : DPR RI , BUMN , BPK , Jokowi , Fathan Subchi