Harga Daging di Selatpanjang Tinggi, Lukman Edy: Kapal Roro Solusinya

| Senin, 12/03/2018 14:15 WIB
Harga Daging di Selatpanjang Tinggi, Lukman Edy: Kapal Roro Solusinya Cagub Riau Zaman Now, Lukman Edy menyapa pedagang di pasar modern Selatpanjang, Meranti (dok @LukmanEdy_HM)

MERANTI, RADARBANGSA.COM - Masih mahalnya harga sembilan bahan pokok (Sembako) terutama untuk komoditi daging ayam, cabe merah, hingga bawang di beberapa pasar tradisional di Riau mendapat sorotan serius dari Cagub Riau Zaman Now, Lukman Edy.

Pagi tadi, Cagub nomor urut 2 ini mengisi masa kampanye dengan bersilaturahmi dengan para pedagang di Pasar Modern Selatpanjang, Kab. Kepulauan Meranti, Riau.

Disinilah Lukman menemui fakta mengejutkan dari sejumlah pengakuan pedagang setempat terkait mahalnya harga daging ayam tersebut.

Merry, salah satu pedagang ayam di Pasar Modern tersebut berujar, tingginya harga daging salah satunya disebabkan mahalnya ongkos kirim daging selama ini.

"Sekarang ini pak, yang mahal itu biaya kirim dari pemerintah kesini. Saya kirim ayam satu galon atau 70 kg itu biayanya Rp 350.000 sampai Rp 450.000. Jadi kita pun kalau menjualnya lebih mahal dari harga pasaran," keluh Merry, Senin 12 Maret 2018.

Menanggapi hal itu Lukman Edy mengatakan akan mengoperasikan kapal Roro untuk menekan biaya kirim dari Pekanbaru ke Selatpanjang.

Mantan menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal ini menambahkan, optimalisasi pengoperasian kapal sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan jika pemerintah Riau peka dan mau melakukannya.

"Sebenarnya mudah Bu untuk membangun kapal Roro itu. Biayanya tidak mahal. Cuma yang dibutuhkan itu kemauan dari pemerintah. Karena kalau ada kapal Roro harga sembako, dan lain lain akan turun separuhnya," kata Lukman.

Selain berdialog dengan para pedagang pasar, Lukman Edy juga mensosialisasikan program unggulan Desa Bangkit, program 1 milliar per Desa per Tahun yang akan dialokasikan dari dana APBD provinsi Riau jika terpilih sebagai Gubernur Riau periode mendatang.

Tags : Lukman Edy , Meranti , Cagub Riau Zaman Now

Berita Terkait