Usai Lebaran, Kementan sebut Harga Pangan Mulai Turun

| Selasa, 19/06/2018 07:05 WIB
Usai Lebaran, Kementan sebut Harga Pangan Mulai Turun Harga pangan seperti cabe, bawang merah dan daging mulai turun usai lebaran idul fitri di pasar. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementerian Pertanian RI, Riwantoro mengungkapkan, di Ibu Kota harga hampir semua jenis beras cenderung turun. Menurutnya, penurunan harga cukup signifikan juga terjadi pada minyak goreng curah, cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang putih, gula pasir, tepung terigu hingga kentang.

"Sementara daging sapi baik sapi has maupun sapi murni turun 3 ribu rupiah lebih per kilogramnya. Harga ini berdasarkan pantauan pada sejumlah pasar di 5 wilayah DKI Jakarta," ungkap Riwantoro dalam keterangan tertulis, Senin, 18 Juni 2018.

Riwantoro menyebut, bukan hanya di Ibu Kota, namun harga stabil juga terjadi di sejumlah pasar di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bahkan, kemarin hampir semua bahan pangan di Pasar Karang Ploso, Malang, Jawa Timur stabil bahkan turun. Penurunan harga paling banyak adalah bawang merah mencapai Rp 6.000/kg. Harga pangan relatif stabil dibanding pekan sebelumnya, dan pasokan pangan cukup aman.

"Begitu pula pantauan pasokan dan harga eceran di Pasar Induk Kartosuro-Sukoharjo, Jawa Tengah. Sebagian besar harga pangan setelah Lebaran cenderung turun dibanding sebelum Lebaran. Sebagian lainnya stabil," sebutnya.

Penurunan harga terbesar terjadi pada cabai merah keriting dari Rp 40.000/kg menjadi Rp 35.000/kg. Sementara daging ayam yang semula Rp 50.000/kg menjadi Rp 46.000/kg. Kemudian, dari hasil pantauan, di Pasar Dawe Kabupaten Kudus, Jawa Tengah secara keseluruhan harga pangan tetap cenderung turun.

"Penurunan harga cabai merah dan cabai merah rawit menjadi Rp 25.000/kg dibanding 3 hari lalu, juga terjadi di Pasar Salaman, Malang, Jawa Timur," ucap Riwantoro.

Selain Cabai, lanjutnya, komoditas pangan lainnya yang turun harga yakni daging sapi turun menjadi Rp 135.000/kg, tepung terigu turun menjadi Rp 7.000/kg. Pantauan pasokan dan harga eceran bahan pangan hari ini juga dilakukan di Pasar Induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Secara keseluruhan, Harga pangan relatif stabil cenderung turun. Telur ayam ras turun Rp 500/kg. Pasokan juga relatif stabil antara 1 hingga 12,5 ton per hari untuk berbagai komoditi," ujarnya.

Riwantoro pun menegaskan harga stabil tidak hanya terjadi di Pulau Jawa, tetapi juga di luar Pulau Jawa. Hasil pemantauan harga di Pasar Pa`baeng Baeng Kota Makassar, Sulawesi Selatan secara keseluruhan relatif stabil.

"Bahan pangan segar seperti cabai, daging sapi, ayam ras, sampai sore kemarin dan hari ini belum ada pasokan sejak hari Lebaran. Pasokan akan masuk mulai hari ini," tegasnya.

Tags : Harga Pangan , Idul Fitri

Berita Terkait