Mendes Paparan Program Prukades ke Ekonom Asia

| Senin, 09/07/2018 19:59 WIB
Mendes Paparan Program Prukades ke Ekonom Asia Eko Putro Sandjojo (Menteri Desa PDTT). (Foto: metrotvnews.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menjadi honourable speaker dalam Seminar International Conference Microeconomics of Competitiveness (MOC) bertema Comparative Cluster Initiatives in Asia di IPMI International Business School Jakarta, Senin 9 Juli 2018.

Dalam kesempatan itu, Menteri Eko memaparkan bisnis model Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) di hadapan para ekonom dari Thailand, Filipina, Taiwan, Malaysia dan Korea.

"Bisnis model Prukades ini membuat ekonomi cluster, fokus maksimal pada tiga komoditas. Saya apresiasi seminar internasional ini untuk meng-creat opportunity dan mengatasi masalah-masalah ini dengan para pakar ekonomi," jelasnya.

Menurut Mendes, rata-rata usaha kecil di perdesaan masih mengalami masalah distribusi sehingga menyebabkan harga beli di petani masih rendah, "Solusinya yaitu klusterisasi produk unggulan desa, Menciptakan integrasi vertikal dan Pelibatan swasta untuk industri paska panen," tambahnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan bahwa pelaksanaan Prukades tersebut setidaknya melibatkan langsung para stakeholder yang terkait dengan desa, di antaranya 19 Kementerian / Lembaga, Pemerintah Daerah, Perbankan, Pemerintah Desa, serta Dunia usaha.

Tags : Prukades ,