Jawab Tantangan Revolusi Industri 4.0, Kemnaker Siapkan 3 Strategi Jitu

| Selasa, 30/10/2018 19:09 WIB
Jawab Tantangan Revolusi Industri 4.0, Kemnaker Siapkan 3 Strategi Jitu Kemnaker paparkan 3 strategi hadapi tantangan era industri 4.0 di hadapan para dosen di gedung Nusantara, DPR (foto: kemnaker)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyiapkan 3 strategi dalam menjawab tantangan dan mengoptimalkan peluang era revolusi industri 4.0.

Ketiga strategi itu adalam meningkatkan link and match, masifikasi pelatihan kerja dan sertifikasi profesi, dan penanaman transversal skill (soft skill) dan entrepreneurship.

"Terkait link and match ini merupakan upaya pemerintah untuk memastikan kompetensi SDM kita sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dengan industri yang berbasis teknologi digital," ujar S. Junaedah saat Munas Persaudaraan Dosen RI di Senayan, Jakarta, Jumat 26 Oktober 2018 lalu.

Junaedah mengatakan, untuk mewujudkan hal terebut, Kemnaker terus bersinergi dengan komite vokasi nasional yang merupakan wadah kolaborasi antara pemerintah dan industri.

"Rumusan yang dihasilkan dari kegiatan ini dapat menjadi masukan dan pijakan dalam melakukan perancangan program pelatihan," tambahnya.

Sementara perancangan program pelatihan tersebut meliputi perancangan program dan design kurikulum dan standard pelatihan, penyelengaraan pelatihan kerja dan pemagangan.

Pemerintah, lanjutnya, memasifkan pelatihan kerja dan sertifikasi profesi. Strategi ini dibingkai dalam kebijakan triple skilling, yaitu skilling, up-skilling, dan re-skilling.

"Ketiga kebijakan ini penting untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan tenaga kerja terampil saat ini dan di masa yang akan datang," jelasnya.

Tags : Kemnaker , Pekerja Indonesia ,