Indonesia Sampaikan Dua Isu di KTT ASEAN dan KTT APEC

| Kamis, 08/11/2018 23:02 WIB
Indonesia Sampaikan Dua Isu di KTT ASEAN dan KTT APEC Presiden Jokowi memberikan sepeda dan rumah untuk Joni, (foto: setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membawa dua isu pada kunjungan kerja ke KTT ASEAN dan KTT APEC. Agenda KTT ASEAN berlangsung mulai tanggal 13-15 November 2018. Sementara, KTT APEC akan berlangsung pada 17-18 November 2018 di Papua Nugini.

"Pada saat di Singapura memang sangat sangat padat karena dalam waktu 2,5 hari akan ada sekitar 17-20 pertemuan, kita masih bahas ada beberapa pertemuan bilateral yang harus kita matangkan persiapannya terutama dari segi waktu jadi akan sangat padat sekali," kata Retno di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 8 November 2018.

Adapun dua isu yang akan dibawa Jokowi, jelas Retno, yang pertama adalah masalah Indopasific. Presiden Jokowi akan mempresentasikan persoalan tersebut dalam KTT ASEAN.

"Kalau kita lihat, ini merupakan di mana di EAS (East Asia Summit) Presiden akan mempresentasikan Indopasific setelah dalam beberapa waktu paling tidak selama 1,5 tahun ke belakang kita sudah melakukan konsultasi secara intensif baik dengan negara anggota ASEAN maupun para mitra ASEAN," jelas Retno.

Kemudian, misi kedua adalah mengenai masalah Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Jokowi akan menjelaskan soal itu pada KTT APEC di Papua Nugini.

Selain itu, isu yang akan dibahas pada KTT ASEAN mulai dari Palestina, hingga Rakhine State. Sedangkan di KTT APEC isu yang akan di bahas mengenai penyelesaian RCEP.

"Intinya adalah leader RCEP akan memberikan komitmen lebih agar negosiasi mengenai RCEP dapat diselesaikan segera," pungkasnya. 

Tags : KTT ASEAN , KTT APEC , Indonesia , Jokowi