Hadiri KTT ke-33 ASEAN, Jokowi Sampaikan 3 Kunci Hadapi Situasi Global

| Kamis, 15/11/2018 09:03 WIB
Hadiri KTT ke-33 ASEAN, Jokowi Sampaikan 3 Kunci Hadapi Situasi Global Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan KTT ke 33 ASEAN di Singapura. (Foto: faktanews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Working Lunch KTT ke-33 ASEAN di Suntec Convention Centre, Singapura, Rabu, 14 November 2018. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan tiga kunci untuk menghadapi situasi global.

"Adapun tiga kunci tersebut adalah meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan adil dan bebas, memperkuat kerja sama moneter dan fiskal, dan memperbaiki fundamental perekonomian domestik dalam upaya memajukan prinsip good governance (tata kelola pemerintahan yang baik).

"Saya berharap ASEAN akan dapat terus memperkuat sinergi dengan APEC, G-7, dan juga IMF," kata Jokowi dalam keterangan persnya sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengingatkan kehadiran kepala negara dan pemerintahan ASEAN di KTT ke-33 ASEAN ini untuk memperkuat komitmen kerja sama ekonomi yang lebih terbuka.

"Kita bertemu disini untuk memperkuat komitmen agar ekonomi terbuka, multilaterisme dapat terus berjalan. Kita harus dapat membuktikan bahwa perdagangan bukanlah zero sum game. Perekonomian terbuka dan perdagangan dapat menghasilkan win-win result," terang Jokowi.

Kemudian, untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Jkkowi, tidak ada cara lain selain memperkuat kerja sama negara-negara ASEAN. "Saya ulangi, kerja sama dan sinergi. Pesan ini secara jelas saya sampaikan pada saat pembukaan pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali bulan Oktober 2018," tegasnya.

Diketahui, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Chile Sebastian Pinera dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

Tags : KTT ASEAN , Indonesia , Singapura

Berita Terkait