Menaker: Manfaatkan Media Sosial untuk Bisnis

| Kamis, 14/02/2019 18:40 WIB
Menaker: Manfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menyarankan agar pelaku usaha ritel dan usaha Kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan platform media sosial secara optimal untuk berbisnis dan memperluas jejaring kerja. Hanif menyebut, media sosial lebih berguna untuk kepentingan bisnis dari pada bergosip dan menyebarkan hoax.

"Jangan gunakan media sosial untuk bergosip dan menyebarkan hoax. Lebih baik digunakan untuk kepentingan bisnis dan mengembangkan usaha," kata Hanif dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 14 Februari 2019.

Dia menjelaskan, kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia salah satunya adalah melalui UMKM. Sebab, dengan UMKM yang kuat dan mandiri maka akan menimbulkan penguatan ekonomi nasional yang konsisten.

Untuk itu, Hanif meminta pelaku ritel harus semangat dan percaya diri dalam menghadapi tantangan-tantangan era industri 4.0. Caranya adalah, lanjutnya, dengan membuat berbagai inovasi dan kolaborasi bersama asosiasi sektoralnya masing-masing.

Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga meminta para pelaku UMKM untuk menerapkan strategi khusus dalam menghadapi berkembangnya platform belanja online. "Salah satunya melalui kolaborasi dengan kelompok lain dengan ide atau terobosan yang berbeda dan unik," ucapnya.

Pemanfaatan teknologi, khususnya media sosial harus dioptimalkan untuk strategi pemasaran melalui jaringan online. "Di masa depan media sosial merupakan pasport bagi kehidupan kita. Penilaian dari orang akan melihat melalui medsos yang kita miliki," pungkasnya.

Tags : Menaker , UMKM , Media Sosial

Berita Terkait