Presiden Jokowi Perintahkan Menteri Pertanian Tanam Rempah-Rempah

| Rabu, 20/03/2019 08:05 WIB
Presiden Jokowi Perintahkan Menteri Pertanian Tanam Rempah-Rempah Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional HKTI di Istana Negara, Selasa (19/3). (Dok Setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para petani untuk mempertimbangkan memilih komoditas-komoditas yang lain selain padi dan jagung yang memiliki nilai yang tinggi. Ia mencontohkan seperti kopi, menurut Jokowi pada daerah-daerah tertentu ini sangat menguntungkan.

“Rempah-rempah yang juga mulai dulu. Sudah mulai kita tinggalkan, saya perintah kepada Menteri Pertanian rempah-rempah harus dimulai lagi ditanam,” kata Jokowi dalam sambutannya di pembukaan Rapat Koordinasi dan Diskusi Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 19 Maret 2019 sore.

Kepala Negara mengingatkan, rempah-rempah itu merupakan kekuatan kita sejak dulu, sejak dahulu kala. Jokowi menyebut, orang Eropa saja bertempur ke Indonesia gara-gara rebutan rempah-rempah.

Namun, dirinya heran sekarang tidak ada yang tanam rempah-rempah. Selain itu, juga tidak ada yang melakukan peremajaan.

“Keliru besar kita,” ucapnya.

Untuk itu, Jokowi mengaku sudah memerintahkan (menanam rempah-rempah) ini dalam 3 tahun yang lalu. Mantan Walikota Solo itu menuturkan bahwa penyiapan bibit-bibit sudah dimulai. Tapi alangkah lebih baiknya, menurut Jokowi, kalau HKTI juga ikut berbondong-bondong, mulai memikirkan kembali urusan yang berkaitan dengan rempah-rempah.

“Jangan kita berbelok arah, kemudian diambil oleh negara lain. Lada ini udah diambil oleh Vietnam. Baru saja ngambilnya juga. Kita sudah hampir kalah. Kita rajanya lada jadi… hati-hati mengenai ini,” tegas Presiden Jokowi. 

Tags : Jokowi , HKTI , Tanaman Rempah

Berita Terkait