Menteri Perindustrian Targetkan Ekspor Otomotif Tembus 450 Ribu Unit

| Jum'at, 29/03/2019 19:07 WIB
Menteri Perindustrian Targetkan Ekspor Otomotif Tembus 450 Ribu Unit Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menghadiri pembukaan GIIAS 2019 di Surabaya, Jumat (29/3). (Dok Kemenperin)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan ekspor otomotif nasional bisa tembus hingga 45o ribu unit pada tahun 2019. Hal itu seiring dengan pengoptimalan komponen lokal yang semakin meningkat setiap tahunnya.

"Tahun kemarin ekspor mobil CBU sudah menyentuh di angka 264 ribu unit dan yang bentuk CKD sekitar 82 ribu unit, sehingga total menembus 346 ribu unit. Tahun ini ditargetkan bisa menembus 400-450 ribu unit," kata Airlangga saat membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Surabaya, Jumat, 29 Maret 2019.

Industri otomotif saat ini, jelas Airlangga, sudah menjadi salah satu sektor manufaktur andalan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu, pemerintah memberikan prioritas pengembangan agar semakin berdaya saing global terutama di tengah bergulirnya era digital.

"Pemerintah bertekad untuk terus menciptakan iklim usaha yang kondusif agar dapat mendorong penambahan investasi baru maupun perluasan usaha di sektor industri otomotif," ujarnya.

Menperin juga menyebutkan bahwa produk nasional saat ini telah diakui kompetitif di kancah internasional. Daya saing ini tidak terlepas dari pengoptimalan komponen lokal.

"TKDN ini yang menjadi kunci keberhasilan dari sektor industri otomotif nasional, yang diharapkan mampu menjadi hub bagi pasar ASEAN bahkan di tingkat Asia," pungkasnya. 

Tags : GIIAS 2019 , Menteri Perindustrian , Otomotif , Ekspor

Berita Terkait