PUPR Anggarkan Rp. 2,4 Triliun Bangun Infrastruktur Danau Toba

| Selasa, 30/07/2019 18:27 WIB
PUPR Anggarkan Rp. 2,4 Triliun Bangun Infrastruktur Danau Toba Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau kawasan Danau Toba (dok IG @kemenpupr)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba senilai Rp. 2,4 triliun.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono berujar, anggaran tersebut untuk mendukung pengembangan KSPN Danau Toba menjadi destinasi wisata skala internasional.

Dana itu untuk membangun beragam infrastruktur, antara lain jalan lingkar Samosir, jembatan Tano Ponggol, revitalisasi Danau Toba, embung, instalasi pengolahan air, sanitasi, dan penataan kawasan tepi Danau Toba.

“Tahun 2020 telah mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur untuk pengembangan KSPN Danau Toba sebesar Rp 2,4 triliun atau lebih besar dari tahun 2019 sebesar Rp 821,3 miliar,” kata Basuki dalam siaran persnya, Selasa 30 Juli 2019.

Dalam melakukan penataan KSPN Danau Toba, Kementerian PUPR melibatkan Arsitek Nusantara Yori Antar yang juga terlibat dalam pembenahan kawasan pariwisata Labuan Bajo, NTT.

"Pengembangan kawasan wisata tidak cukup dengan konsultan teknik, namun juga perlu melibatkan arsitek agar infrastruktur yang dibangun tidak kaku, sehingga perlu diperhalus melalui arsitektur," ujar Basuki.

Tags : PUPR , Danau Toba , Basuki Hadimuljono