Hendak Melangsungkan Pernikahan, Perhatikan 9 Hal ini

| Selasa, 28/11/2017 19:02 WIB
Hendak Melangsungkan Pernikahan, Perhatikan 9 Hal ini Ilustrasi cincin pernikahan (foto: wallpapers13.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Meresmikan suatu ikatan janji dalam pernikahan merupakan idaman bagi setiap pasangan. Segala persiapan tentu difikirkan dengan matang menyambut hari bahagia itu, momen mengikat janji hidup berdua seumur hidup memerlukan persiapan tidak sebentar, bahkan butuh waktu sampai berbulan-bulan.

Banyak kasus, meski sudah dipersiapkan dengan persiapan yang penuh perhitungan, masih ada saja kesalahan yang menganggu megahnya jalinan sakral pernikahan, pasangan mana yang mau momen sakralnya terganggu, tentu jawabannya tidak kan? 

Pertanyaannya adalah bagaimana agar kesalahan tersebut bisa diminimalisir, ada 9 hal penting yang harus diperhatikan menjelang hari pernikahan, seperti dilansir Huffingtonpost.com

1. Menjaga Kesehatan
Persiapan pernikahan kadang memerlukan waktu berbulan-bulan itu tentu memerlukan tenaga ekstra, dari saking sibuknya kadang sampai lupa terhadap kesehatannya sendiri, nah ini yang harus diperhatikan, sesibuk apapun kalian harus tetap menjaga kesehatan, tetap istirahat yang kucup dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

2. Cincin Kawin
Benda kecil yang bisa dipasang dijari ini, kadang luput dari perhatian, karena terlalu sibuk mempersiapkan sesuatu hal yang besar, cincin kawin yang bentuknya kecil ini sering terlupakan. Agar tidak terlupakan setelah cicin sudah dibeli cobalah titipkan pada saudara atau temen untuk membawanya ke tempat dimana kalian akan melaksungkan prosesi akad nikah/janji setia.

3. Segalanya Dipersiapkan Berdua
Pernikahan adalah momen menyatukan dua hati yang berbeda, untuk menyatu membutuhkan saling pengertian dan mempersiapkan pernikahan adalah pintu awal mengerti satu sama lain, langkah awal kerja bersama. Sebab, pesta pernikahan bukan hanya soal pertautan dua hati tapi juga soal dua keluarga, kadang juga dua tradisi-budaya yang perlu dikomunikasikan dengan baik. Dalam hal ini, bukan berarti keluarga dan saudara tidak boleh ikut campur dalam mempersiapkan pernikahan kalian, tapi perlu kerelaan, perlu saling pengertian mencari titik temu pada kedua belah pihak agar impian dan ide pernikahan kalian bisa digapai dengan sempurna.

4. Perhatikan Tamu yang Hendak Diundang
Nah tentu kalian pasti tidak mau melewatkan teman, saudara dekat agar bisa hadir dan menyaksikan perta pernikahan yang hendak berlangsung kan? Coba cek lagi daftar tamu undangan, orang-orang yang dianggap penting dalam hidup kalian sudah masuk dalam daftar apa belum, sudah terdistribusi apa belum undangannya, jangan sampai menyesal hanya gara-gara lupa tidak mengundang orang-orang yang dianggap berjasa dalam hidup kalian.

5. Fotografer
Kesakralan momen pernikahan kalian tentu tidak ingin terabaikan begitu saja kan, nah perhatikan fotografer yang hendak mengabadikan, momen satu kali dalam seumur hidup ini, lebih baik menggunakan jasa fotografer professional yang sudah ahli meliput pernikahan, daripada menggunakan temen atau saudara tapi hasilnya tidak maksimal. Kalau tidak kenangan kalian akan gampang terlupakan, seperti halnya pemasangan cincin, pengucapan janji setiak/akad nikah tidak bisa terdokumentasi dengan biak.

6. Melebur Bersama Para Tamu yang Hadir
Ketika akad nikah/janji setia sudah selesai, cincin kawin sudah melingkar di jari kalian, nah saatnya kalian menyapa dan berbaur bersama tamu yang hadir. Nah harus aktif menyapa para tamu yang datang, tidak hanya pasif duduk manis di pelaminan.
Dengan berbaur kalian bisa menjalin silaturrahim yang asyik dengan temen, sanak saudara, jika ini kalian lakukan dengan baik, kalian akan lebih dihargai.

7. Perhatikan Tamu yang Membawa Anak
Tidak menutup kemungkinan, tamu yang hadir akan membawa anaknya yang lucu dan mengemasakan, nah banyak juga anak-anak yang dibawa ke pesta pernikahan justru hilang kelucuaannya saat menangis dan rewel. Kadang tangisan anak-anak bisa mengganggu suasana sakral pernikahan, maka diperlukan penangan khusus ketika ada tamu undangan bawa anaknya yang rewel.

8. Perhatikan Kendaraan
Jika tempat akad nikah/ucap janji setia jauh, perhatikan kendaraan yang hendak membawa pasangan kelokasi, jangan sampai undangan terlalu lama menunggu terlalu lama, usahakan tepat waktu.
Dan juga perlu dipehatikan kendaraan para tamu undangan, jangan sampai undangan jengkel gara-gara tidak mendapat ruang parkir saat nyampai lokasi.

9. Restu dan Do’a tokoh Agama
Kesakralan janji setia/akad nikah tidak akan berlansung secara hikmat dan indah jika kalian lupa minta doa restu dari para ustadz/tokoh agama untuk menuntuk dan meresmikan janji setia kalian. 

(MS)

Tags : Pernikahan