Lima Tips Bagi Anda yang Sering Kerja Lembur

| Selasa, 06/02/2018 07:19 WIB
Lima Tips Bagi Anda yang Sering Kerja Lembur Ilustrasi jobplanet.com

RADARBANGSA.COM - Sebagian besar pekerja pasti pernah menjalani kerja lembur. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa kerja lembur memiliki dampak bagi kesehatan, baik dampak jangka pendek maupun panjang. Badan lemas adalah salah satu dampak yang bisa langsung dirasakan akibat kerja lembur.

Lalu apa yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar meski kerja lembur? Berikut hal yang bisa Anda lakukan, seperti yang dilansir dari Klik Dokter.

1. Menjaga Pola Makan
Meskipun sedang lembur, Anda harus tetap menjaga pola makan tetap teratur, yaitu tiga kali sehari dan makan makanan bergizi seimbang. Perbanyak kandungan protein hewani dan nabati, seperti daging, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan yang berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh.

2. Memilih Camilan yang Tepat
Anda dapat mengonsumsi camilan dua kali sehari di antara dua jadwal makan utama. Namun, Anda tetap harus memilih camilan sehat. Pilihlah buah potong, salad, atau yoghurt sebagai camilan. Camilan yang tepat dan sehat dapat ikut membantu mencegah badan lemas dan memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

3. Cukupi Kebutuhan Minum Air Putih
Asupan air putih juga tidak kalah penting bagi Anda. Saat lembur, banyak orang yang memilih kopi atau minuman berenergi agar tetap terjaga. Kopi memang dapat membantu Anda menghadapi pekerjaan yang menumpuk, tetapi jangan lupa untuk mencukupi asupan cairan dengan minum air putih 2-3 liter per hari. Tubuh yang selalu terhidrasi dengan baik akan terasa lebih segar sehingga bebas dari badan lemas.

4. Istirahat Cukup
Hindari membawa pekerjaan hingga ke rumah. Usahakan untuk beristirahat malam 7-8 jam per hari. Lakukan sleep hygiene seperti berdoa sebelum tidur, mematikan lampu kamar, dan tidak melihat layar gawai sesaat sebelum tidur. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas istirahat Anda.

5. Minum Suplemen
Bila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang berisi multivitamin dan mineral saat bekerja lembur. Untuk kebutuhan vitamin apa yang diperlukan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tags : Info Pagi , Lembur

Foto Terkait