Milenial! ini 4 Trik Mudah Buat Kalian Bisa Menabung

| Sabtu, 24/11/2018 06:05 WIB
Milenial! ini 4 Trik Mudah Buat Kalian Bisa Menabung Generasi Milenial. (Foto: smartbisniscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bagi kalian generasi milenial yang telah memiliki penghasilan, menabung mungkin belum menjadi prioritas. Terutama, bagi yang pendapatannya masih pas-pasan.

Tapi, menabung itu penting untuk perencanaan ke depan. Nah, biasanya setelah gajian kadang langsung membelanjakannya, apalagi ada produk baru yang lagi trend.

Dilansir dari get, ada beberapa trik bagi kalian untuk bisa menabung. Selain itu, juga bikin kalian tidak boros dan lebih berhitung lagi untuk pengeluaran.

1. Hidup berdasarkan uang saku harian, bukan uang saku bulanan

Mungkin Anda adalah sekian dari ratusan orang yang mencoba untuk menabung dari uang bulanan demi suatu barang, tapi berujung mengambilnya duluan. Maka dari itu, cobalah uang saku per hari.

Walau kedengarannya trik ini seperti anak yang memegang uang per hari, tapi ingatkah Anda ketika masih diberi uang jajan per hari, lalu Anda senang bahwa uang itu masih aman hingga dikembalikan ke orang tua? Cobalah cara ini, walaupun Anda harus rela ke ATM tiap hari.

2. Buat rekening baru untuk menabung, bukan untuk mengambil uang

Cara ini mungkin akan sedikit susah pada awalnya, karena banyak yang tergoda untuk mengambil uang “terlarang” itu. Karena, fungsi dari akun ini adalah murni untuk menyimpan uang sampai Anda membutuhkannya. Bila masih merasa dilema, cobalah cara ini dengan perlahan.

3. Sabar

Sekalipun akan digoda dengan potongan harga baik di situs online maupun di mall, tapi jangan langsung dibeli. Masukkan barang itu ke daftar keinginan, lalu diamkan selama 3 minggu. Dijamin hasrat untuk membelinya akan berkurang. Lalu, uang Anda akan aman dan bisa membeli kebutuhan yang lain.

4. Cari hobi yang tidak membutuhkan biaya

Ini adalah tips yang menyehatkan baik bagi diri sendiri maupun dompet pribadi. Daripada berada di kawasan pusat berbelanja, cobalah untuk membaca dari gawai atau perpustakaan. Aktivitas ini lebih murah bahkan gratis, serta mampu menambah wawasan.

Atau, cobalah berolahraga yang mampu membakar kalori, misalnya jogging di sekitar rumah, senam bersama teman-teman, atau bersepeda.

Jadi, ingatlah untuk selalu berpikir dua kali sebelum mengucapkan selamat tinggal kepada uang yang sudah susah payah untuk didapat.

Selamat menabung! 

Tags : Menabung , Generasi Milenial , Trik

Foto Terkait