Sejumlah Universitas Top Dunia Ikuti Pameran Pendidikan Islam Internasional

| Kamis, 16/11/2017 16:35 WIB
Sejumlah Universitas Top Dunia Ikuti Pameran Pendidikan Islam Internasional Konferensi Pers Pameran Pendidikan Islam Internasional di kantor Kemenag RI, Jakarta.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pameran Pendidikan Islam Internasional (International Islamic Education Expo-IIEE) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI diikuti oleh sejumlah lembaga pendidikan Islam di tanah air. Namun, gaung acara ini kian meriah karena juga diikuti sejumlah universitas top dunia.

Pameran yang dihelat pada 21-24 November 2017 di ICE-BSD City Serpong, Tangerang Selatan, Banten itu bertajuk Indonesia `Islamic Education for Global Peace` ini. Mizan Sya’roni, Ketua Panitia Pelaksana mengungkapkan, ada sekitar 18 universitas top dunia yang akan berpartisipasi.

“18 universitas lintas negara bakal berpartisipasi, delapan partner institusi, dan lima kedutaan besar yang sudah mengonfirmasi keikutsertaannya lewat online,” kata Mizan Sya’roni dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu, 15 November 2017.

Mizan mengatakan, beberapa universitas yang sudah mengonfirmasi keikutsertaannya antara lain University of Sydney, University of Western Australia, London South Bank University (LSBU), University of Nottingham, University of Sheffield, Victoria University, Monash University, University of Canberra, dan universitas lainnya.

Pameran tersebut, sambungnya, total akan menempati lebih dari 200 gerai atau stan pameran dari berbagai unsur termasuk dari kalangan lembaga pendidikan Islam dalam negeri.

Sementara itu, dilansir dari laman nu.or.id, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Kamaruddin Amin mengatakan, pihaknya telah menghubungi Presiden Jokowi untuk membuka pameran pendidikan Islam internasional pertama di Indonesia ini bersama Menag Lukman Hakim Saifuddin. "Presiden Joko Widodo sedang dalam konfirmasi untuk bersedia membuka pameran ini,” ujar Kamaruddin.

Diketahui, Pameran ini juga akan menggelar beberapa forum Internasional seperti Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), Deklarasi Jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), seminar internasional tentang studi pesantren, dan kompetisi robotik madrasah.

Tags : Pameran Pendidikan Islam. Kemenag RI

Berita Terkait