Gus Muwafiq: Warisan Iman Dijaga Ulama, Warisan Bangsa Dijaga Umara

| Kamis, 22/02/2018 17:32 WIB
Gus Muwafiq: Warisan Iman Dijaga Ulama, Warisan Bangsa Dijaga Umara KH Ahmad Muwafiq.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Keberadaan Majelis Dzikir Hubbul Wathon disambut antusia oleh para Ulama. KH Ahmad Muwafiq mengaku senang dengan keberadaan tersebut karena majelis ini dapat menjadi penghubung pertemuan antara ulama dengan umara (Pemimpin).

"Beberapa peristiwa yang mungkin jarang kita lihat pertemuan ulama dan umara pada satu majelis," kata Gus Muwafiq seperti dikutip nu.or.id, Kamis, 21 Februari 2018.

Kiai yang akrab disapa Gus Muwafiq ini menjelaskan pentingnya hubungan yang harus dijalin keduanya karena satu sama lain tidak bisa dilepaskan dalam upaya menjaga agar Indonesia tetap damai.

Menurutnya, ada dua warisan yang ada di Indonesia, Islam dan bangsa. "Warisan iman dijaga oleh ulama dan warisan bangsa dijaga oleh umara. Karena kalau tidak menjaga dua-duanya, maka (Indonesia) akan jebol," ujar Gus Muwafiq.

"Timur tengah ini menjaga ulamanya, tapi tidak menjaga umaranya, jadi jebol. Kita ini dua-duanya kita jagalah," jelasnya.

Dikatakan Gus Muwafiq, terjadi perbedaan yang sangat jauh antara bangsa yang ada di Indonesia dan di Arab. "Perbedaan bangsa kita ini lebih sulit," kata kiai berambut gondrong ini.

Untuk menjaga agar banyak bangsa yang ada di Indonesia bisa tetap terjaga, maka para ulama sadar tidak bisa lagi menggunakan konsep kerajaan. Kemudian didapatkan konsep tanggung jawab dari Rasulullah yang mampu menjaga perbedaan.

"Kullukum ra’in wakullukum an ra’iyyatihi,” terangnya.

“Maka kita ambil ra’iyah dari Rasulullah menjadi nama per kepala di Indonesia yaitu rakyat. Nah, satu-satunya bangsa Islam di dunia yang mengambil ra’iyah menjadi rakyat, ya ulama Indonesia," pungkas Gus Muwafiq. 

Tags : Majelis Dzikir , Gus Muwafiq , Ulama , Umara

Berita Terkait