Duet Jokowi-Cak Imin Dinilai Cocok Maju Pilpres 2019

| Senin, 04/12/2017 18:40 WIB
Duet Jokowi-Cak Imin Dinilai Cocok Maju Pilpres 2019 Abdul Muhaimin Iskandar (Cak imin) berbincang dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. (Dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemilihan Presiden 2019 masih lama. Tapi sejumlah pihak sudah menyanding-nyandingkan beberapa tokoh untuk maju dalam puncak kontestasi politik di tanah air tersebut. Salah satunya adalah Joko Widodo dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Dua figur itu dipandang sebagai dua tokoh Indonesia yang akan membangkitkan negeri ini sebagai sebuah negara dengan perabadan maju di dunia, baik dalam bidang ekonomi, sosial dan politik.

“Sosok Joko Widodo adalah sosok nasionalis yang berkarakter dan konsisten dalam upaya membangun Indonesia dari pinggiran. Sementara Muhaimin Iskandar adalah representasi keberhasilan kepemimpinan kaum muda, disukai oleh semua kalangan dan berhasil menjalankan amanah dengan baik ketika menjadi Menteri Tenaga Kerja,” kata Koordinator Guyub Rukun Nusantara Bengkulu, Nasaruddin Songga, Senin, 4 Desember 2017.

Dilansir dari laman viva.co.id, Nasaruddin menunjukkan sejumlah alasannya. Pertama, Jokowi sebagai representasi kaum nasionalis yang merakyat dan Cak Imin dari kalangan Islam kebangsaan merupakan dua spektrum besar politik yang mewakili Kebhinekaan Indonesia yang berisi bermacam suku bangsa, bahasa dan agama.

Kedua, ketegasan kaum nasionalis dalam menentang kolonialisme dan kaum Islam kebangsaan dalam membangun peradaban Indonesia merupakan fakta sejarah yang tak terbantahkan. Hingga saat ini, lanjutnya, dua kekuatan ini pula yang merawat agar semangat cita-cita kemerdekaan tetap terjaga dengan baik.

“Ketiga, Jokowi telah melaksanakan banyak program kerakyatan, membangun Indonesia tanpa korupsi dan meletakkan aspirasi dan kehendak rakyat di atas segala-galanya. Cak Imin sendiri sangat konsen memajukan kehidupan nelayan dan petani, serta mampu mengkongkritkan kebutuhan sosial ekonomi warga nahdliyin yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Jokowi masih menjabat sebagai Presiden RI. Jika Jokowi kembali mencalonkan diri pada Pilpres 2019, maka akan menjadi calon Petahana. Sedangkan Cak Imin saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tags : Cak Imin , Jokowi , Pilpres 2019