SATUNAMA Deklarasi Kaukus Politisi Muda Lintas Parpol

| Kamis, 07/12/2017 15:19 WIB
SATUNAMA Deklarasi Kaukus Politisi Muda Lintas Parpol Insan Kamil, Kepala Sekolah Politisi Muda, (foto: Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Yayasan Satunama menggelar Wisuda dan Kaukus Politisi Muda Lintas Partai Politik di Hotel Hotel Milennium, Jakarta, Kamis 7 Desember 2017. Gelaran tersebut akan membahas peran penting politisi muda dalam demokrasi Indonesia.

"Kaum muda identik dengan idealisme, mereka telah memainkan peran dalam setiap momentum politik yang bersifat historis di negeri ini, kaum muda telah menegakkan kepeloporan yang digerakan oleh idealisme pada setiap perubahan politik dari perjuangan kemerdekaan hingga jatuhnya rezin otoritarian di Indonesia," jelas panitia dalam siaran persnya,

Kaum muda dengan segenap idealisme merupakan kekuatan politik yang sanggup mengubah keadaan. Pasca reformasi tidak sedikit di antara kaum muda memutuskan bergabung dengan partai politik mengikuti pemilu dan terpilih menjadi anggota parlemen. Akan tetapi keberadaan mereka tidak terlalu efektif sebagai kekuatan politik bahkan cenderung marjinal dalam peoses politik baik di parta maum di parlemen.

Lambat laun namun pasti, kaum muda yang memiliki jalur politik formal ikut dalam irama permainan yang diciptakan kekuatan-kekuatan lama yang berhasil cameback ke panggung politik nasional melalui proses demokratisasi. Padahal kaum muda diharapkan dapat memberikan kebaruan politik di Indonesia.

"Politik yang dijalankan dengan idealisme untuk mencapai kebihakan publik dan keadilan sosial bagi seliruh lapisan masyarakat warga melalui cabang-cabang kekuasaan negara yang dicalai dengan cara-cara yang bermartabat. Karenanya dibutuhkan langkah langkah politis agar keberadaan dan kiprah kaum muda (politisi muda) semakin memiliki daya dorong untuk mengembangkan kultur politik yang lebih demokratis. Politisi muda perlu secara bersama-sama mengkonsolidasi diri sebagai kekuatan politik demokratik baru di indonesia dalam kaukus politisi muda lintas partai," tambahnya.

Diketahui, SATUNAMA bersama sejumlah politisi muda lintas partai politik seperti PKB, Gerindra, Demokrat, PDI Perjuangan, Nasdem, dan PPP di tujuh provinsi menyepakati terbentuknya kaukus politisi muda pada 6 Desember 2017.

Tags : Kaukus Politisi Muda