Bambang: Kita Semua Rindu Gus Dur

| Jum'at, 22/12/2017 00:23 WIB
Bambang: Kita Semua Rindu Gus Dur Diskusi Publik memperingati Sewindu Haul Gus Dur. (Dok Radarbangsa.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Jaringan Muda Nahdlatul Ulama (JMNU) menggelar Diskusi dengan tema "Gus Dur Dimata Anak Muda Milenial" dalam rangka memperingati "Sewindu Haul Gus Dur" di Hotel Mega, Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2017. Hadir sebagai Narasumber Bambang Susanto, tokoh nasional yang merupakan sahabat dekat Gus Dur.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh pimpinan sejumlah Ormas Islam dan Ormas Kemahasiswaan tersebut, Bambang mengenang sosok Gus Dur sebagai pribadi yang penuh kesederhanaan dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. 

Bambang menyebutkan, di era Milenial ini masyarakat masih terus mengenang kepergian mantan Presiden RI ke-4 tersebut dengan memperingatinya setiap tahun.

"Kita semua rindu akan sosok Gus Dur. Kerinduan tersebut dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat. Kita lihat dimana-mana masyarakat memperingati Haul Gus Dur dengan kegiatan yang positif seperti menggelar tahlilan dan yasinan," ungkap Bambang.

Masyarakat mengenang Gus Dur karena nilai luhur yang disampaikan dan membekas dihati masyarakat, salah satunya adalah toleransi. Perjuangan Gus Dur dalam menjaga keberagaman agama, jelas Bambang sungguh berat, bahkan Gus Dur dianggap sebagai sosok "Islam Liberal" oleh pihak yang tidak terima dengan sikap Gus Dur yang membela orang-orang yang didzalimi tanpa memandang agama dan Suku. 

"Dulu mungkin kita tidak merasakan apa makna yang dikatakan beliau. Tapi setelah beliau wafat, saat itulah kita semua merindukannya," ucap Bambang. (Yanuar P)

Tags : Gus Dur , Bambang Susanto , Pluralisme

Berita Terkait