Elektabilitas Makin Naik, Ray Rangkuti: Cak Imin Layak Cawapres!

| Sabtu, 27/01/2018 19:35 WIB
Elektabilitas Makin Naik, Ray Rangkuti: Cak Imin Layak Cawapres! Presiden Jokowi dan Cak Imin menaiki Kereta Bandara Soeta menuju Stasiun Sudirman usai direamikan (foto bismindotcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengamat Politik Lingkar Madani Ray Rangkuti menilai sosok Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin lebih berpeluang menjadi Calon Wakil Presiden dibandingkan dengan tokoh-tokoh muda Islam lainnya.

“Kalau Cak Imin dari sekarang mau melakukan kerja lebih giat untuk mengenalkan dirinya kepada publik menjadi Cawapres, saya kira akan mendulang elektabilitas yang baik,” kata Ray dalam bertajuk Menemukan Tokoh Muda dan Islam di Bakoel Koffe, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu, 27 Januari 2018.

Menurut Ray, saat ini elektabilitas Cak Imin mencapai 14 persen berdasarkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia. Elektabilitas Cak Imin bisa saja terus meningkat karena survei ini dilakukan pada Desember 2017.

“Jumlah elektabilitas Cak Imin kan saat ini prosentasinya mencapai 14 persen, dan itu akan bisa lebih naik lagi,” katanya.

Dengan demikian, menurut dia, Cak Imin layak dinobatkan menjadi Cawapres di pemilu 2019.

“Elektabilitas Cak Imin lebih unggul dengan tokoh-tokoh Islam yang muncul menjadi Cawapres, seperti Zulkifli Hasan, Romyhurmuzy dan lainnya, jadi Cak Imin pantas dinobatkan menjadi cawapres,” kata Ray.

Ray kemudian memaparkan alasan Cak Imin didukung oleh kelompok Muslim dan non Muslim. Menurutnya Cak Imin masih muda, elektabilitas PKB tetap bagus, memiliki wajah Islam yang moderat.

Sedangkan, pemilih di Indonesia itu, lebih cenderung menyukai sosok yang islam moderat.

“Pemilih lebih suka figur Islam yang dialogis, ramah terhadap perbedaan, menghargai keberagaman,” kata Ray.

Tags : Cak Imin , Cawapres 2019

Berita Terkait