Survei Insight NoLimit, PKB dan Cak Imin Raih Sentimen Positif

| Jum'at, 23/02/2018 15:19 WIB
Survei Insight NoLimit, PKB dan Cak Imin Raih Sentimen Positif Hasil survei Insight by NoLimit Indonesia

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Insight by NoLimit Indonesia merilis Social Media Monthly Report – Politic atau performa media sosial partai politik periode Januari 2018. Dalam rilis yang diterima redaksi radarbangsa.com, analis media sosial dan media online itu membagi hasil survei dalam tiga sub, Partai Politik Peserta Pemilu, Ketua Umum Partai, dan Pilkada 2018.

1. Partai Politik Peserta Pemilu

NoLimit menyebut, Gerindra memilik performance yang paling baik dibanding partai lain. Pada bulan Januari, dari 12 partai politik yang akan maju di Pemilu 2019 Gerindra memiliki jumlah audience paling besar dibandingkan partai yang lain dengan talk mencapai 122,631.

Akan tetapi sentiment Gerindra paling negatif dibandingkan partai yang lain. Reputasi Gerindra di media sosial jauh kalah dibanding Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKB mampu meraup 93.62 persen sentiment positif netizen, sementara Gerindra justru sebaliknya, ia menjadi partai dengan sentiment negatif terbesar minus 49.20 persen disusul PKS minus 38.35 persen.

Sentimen negatif netizen kepada Gerindra terjadi lantaran sejumlah pemberitaan yang cukup lama menjadi viral. Pertama, terkait dugaan kader Gerindra dibalik akun hoax @hallosamarinda, termasuk soal pernyataan La Nyalla yang dimintai Rp40 M sebagai `mahar` oleh Gerindra.

Sementara PKB mendapat sentiment positif tertinggi dari netizen karena pemberitaan ajakan memilih PKB saat pemilu Jabar dengan hashtag #jabarmaximum, Ketua Umum PKB akan mendampingi Jokowi dalam pemilihan Capres dan Cawapres 2019, serta julukan Panglima Santri yang diberikan untuk Cak Imin.

2. Ketua Umum Partai

Ada 12 Ketua Umum partai yang menjadi objek survei oleh NoLimit Indonesia. Nama Susilo Bambang Yudhoyono memiliki jumlah audience paling banyak dan performance sosial media paling bagus di Twitter dan Facebook. Talk tertinggi adalah Prabowo Subianto disusul oleh Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Menariknya, talk tokoh populer paling positif diraih Cak Imin dengan 89.45 persen, berbeda tipis dari talk Ketua Umum Perindo Hary Tanoesudibjo dengan 93.89%. Cak Imin banyak mendapat simpati netizen karena sosoknya yang dianggap pantas mendampingin Jokowi dan maju Pilpres 2019, sementara Hary Tanoe banyak mendapat pujian dari netizen karena banyak masyarakat yang merasa terbantu akan adanya modal usaha yang diberikan partai Perindo untuk UKM.

Sedangkan talk paling negatif dari 12 ketua umum adalah Oesman Sapta Odang yang mencapai minus 70.35 persen. Ini terjadi lantaran berita mengenai pemecatan Oesman Sapta Odang mendominasi talk bulan ini. Pemecatan Oesman Sapta Odang di Munaslub oleh Hanura dikarenakan OSO dianggap melakukan banyak pelanggaran, hingga memicu konflik internal partai.

Selanjutnya, performa media sosial pribadi masing-masing Ketua Umum Parpol juga tak luput dari sorotan NoLimit Indonesia. Hasilnya akun twitter Cak Imin unggul sebanyak 33,451 retweet dan 45,922 favorit dibanding akun twitter Ketua Umum partai lainnya.

Sementara di media sosial facebook, akun milik SBY jauh unggul dibanding akun milik Ketua Umum partai lain dengan 94,380 like. Sedangkan akun Zulkifli Hasan mendominasi jumlah share, yaitu mencapai 13,045. Zulkifli yang juga Ketua Umum PAN ini juga dominan di instagram yang 77,158 like dibanding akun Ketua Umum partai lain.

3. Pilkada 2018

NoLimit Indonesia juga menyoroti trend media sosial di sejumlah wilayah. Namun pada survey Januari tahun ini, NoLimit Indonesia fokus survei untuk wilayah Jawa Timur, Jawa tengah, dan Jawa barat jelang pelaksanaan Pilkada serentak Juni 2018 mendatang.

Hasilnya secara keseluruhan Jawa Barat memiliki talk yang banyak dan cenderung positif dibanding wilayah lain. Sedangkan talk yang paling sedikit adalah Jawa Timur.

Tags : Cak Imin , Survei NoLimit , Insight

Berita Terkait