Cak Imin Cawapres Sipil yang Paling Dikehendaki Publik

| Jum'at, 23/02/2018 20:56 WIB
Cak Imin Cawapres Sipil yang Paling Dikehendaki Publik Presiden Jokowi dan Cak Imin menaiki Kereta Bandara Soetta menuju Stasiun Sudirman usai diresmikan. (foto bismindotcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lembaga Survei Alvara Reseach Center menyampaikan pemaparan hasil survei di Hotel Oria, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Februari 2018. Survei yang melibatkan 2200 responden ini, 93, 2 persen paling setuju calon presiden dan wakil presiden berlatar belakang sipil dan militer.

“Kemudian Nasionalis-Islam 89, 9 persen. Selanjutnya, usia tua-usia muda 84,7 persen,” jelas Founder dan CEO Alvara Reseach Center, Hasanuddin Ali dalam paparannya.

Hasanuddin menjelaskan, tiga tokoh yang paling mendapatkan persetujuan paling tinggi menjadi cawapres pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 adalah Gatot Nurmantyo dengan raihan 61,9 persen.

“Kemudian Muhaimin Iskandar (Cak Imin) 59,6 persen. Lalu Agus Harimurti Yudhoyono 55,5 persen,” ujarnya.

Terkait pendamping Prabowo Subianto. Hasilnya, ada tiga tokoh yang paling mendapatkan persetujuan rakyat. Ketiganya yakni, Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhoyono.

“Masing-masing dengan raihan 60 persen, 59,4 persen dan 56,3 persen,” tuturnya.

Dari pemaparan diatas, latar belakang diantara tiga cawapres yang dipilih responden yakni Gatot Nurmantyo dan Agus Harimurti Yudhoyono dari Militer dan Cak Imin dari sipil. Artinya, Cak Imin merupakan cawapres yang paling dikehendaki publik dengan latar belakang sipil.

Sekadar informasi, survei ini dilakukan dengan metode wawancara tatap muka kepada responden yang berusia 17-65 tahun dengan margin of error 2 persen. Alvara Reseach Center sendiri melakukan survei ini pada 15 Januari- 7 Februari 2018 di enam wilayah besar yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusatenggara, dan Maluku-Papua.

Tags : Cak Imin , Cawapres , Alvara Reseach Center , Survei

Berita Terkait