Alim Ulama Sumatera Utara Beri Mandat Cawapres kepada Cak Imin

| Minggu, 18/03/2018 10:56 WIB
Alim Ulama Sumatera Utara Beri Mandat Cawapres kepada Cak Imin Alim Ulama Sumatera Utara yang tergabung dalam Koalisi Umat memberikan mandat Cawapres kepada Cak Imin (dok PKB)

MEDAN, RADARBANGSA.COM - Alim ulama yang tergabung dalam Koalisi Umat Sumatera Utara menyerahkan mandat Cawapres 2019 kepada Panglima Santri Nusantara, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertempat hotel Grand INNA Kota Medan, Minggu 18 Maret 2018.

Sekretaris panitia, M Nuh Dewi Saragih berujar, mandat tersebut diberikan karena alim ulama Sumatera Utara telah mengetahui kapasitas dan kapabilitas Cak Imin yang mumpuni sehingga layak memimpin Indonesia dan mengawal aspirasi santri, pesantren dan juga madrasah.

“Karakter dan kultur politik Cak Imin yang santun bisa menjadi perekat seluruh anak bangsa dari berbagai agama, ideologi dan spektrum politik. Sehingga menimbulkan dampak politik yang sehat dan damai,” kata Nuh di Medan.

Adapun isi mandat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mewujudkan persatuan umat Islam di Indonesia dalam prinsip Islam Rahmatan Lil Alamin yang mengedepankan rasa kemanusiaan, keadilan dan kebangsaan.

2. Meningkatkan kualitas SDM umat dengan mengembangkan mutu dan kuantitas pendidikan Islam melalui pesantren dan madrasah diniyah.

3. Mendorong pemerintah menerapkan kebijakan program dan anggaran yang proporsional, terukur dan berkelanjutan.

4. Memperjuangkan dan mewujudkan perbaikan ekonomi umat dan warga Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan ormas lainnya yang selama ini masih terpuruk.

5. Menempatkan masjid dan musholla di Indonesia sebagai sarana dakwah yang sejuk, moderat dan lepas hasrat kecurigaan dan kemarahan

Menurut Nuh, lima mandat ulama Sumatera Utara ini dibuat dengan harapan agar aspirasi umat didengar lalu menjadi kenyataan.

“Amanah ini merupakan bentuk kepercayaan kami kepada Cak Imin,” tegasnya.

Acara penyerahan mandat itu dihadiri lebih dari 100 alim ulama se Sumatera Utara dan diawali dengan diskusi bertajuk "Peluang Poros Islam Menang dalam Pilpres 2019" dengan pembicara Doswn UINSU, Dr Nifsul Khoir MA, Dr Dedi Sahputra, Redaktur Harian Waspada, dan Drs Jaharuddin, Mustasyar NU Sumatera Utara.

Tags : Cak Imin , Ulama , Cawapres

Berita Terkait