Cak Imin Hadiri Gala Dinner Indonesia Leaders Forum

| Kamis, 26/04/2018 23:14 WIB
Cak Imin Hadiri Gala Dinner Indonesia Leaders Forum Tokoh Nasional, Muhaimin Iskandar menjadi pembicara dalam gala dinner Indonesia Leaders Forum di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, 26 April 2018. (foto: dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tokoh Nasional, Abdul Muhaimin Iskandar menjadi pembicara dalam acara Indonesia Leaders Forum yang digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, 26 April 2018. Gelaran tersebut mengangkat tema besar "Sejarah Pergerakan Islam dan Masa Depan Bangsa".

Dalam kesempatan itu pria yang akrab disapa Cak Imin menjelaskan tentang realitas dimana keislaman tumbuh dari ajaran yang berkembang, baik yang menjadi gagasan yang orisinil maupun dialektika antartokoh Islam dunia.

"Ambil contoh misal HOS Cokroaminoto yang berpihak pada social justice yang kemudian menjadi semangat perlawanan terhadap kolonialisme berujung pada kemerdekaan," jelas Cak Imin.

Cak Imin menuturkan, dari dialektika tokoh Islam, seperti Kiai Hasyim Asyari dan Kiai Wahab yang melahirkan spirit untuk mewujudkan sebuah masyarkaat sebelum menjadi Indonesia yaitu keadaan dimana keadilan menjadi pijakan utamanya.

"Kalau hari ini kemudian ada yang merasa dikriminalisasi dan didiskriminasi, sebetulnya bagian dari hilangnya spirit, hilangnya nilai dasar social justice atau semangat sosialisme yang dirintis para pendiri bangsa," jelas Cak Imin.

Untuk itu, menurut Cak Imin dalam konteks realitas kekinian yang harus dicari jalan keluarnya adalah pemerintah ataupun kekuasaan harus benar-benar bisa membuktikan rasa adil, kenyamanan, dan kebersamaan dalam sebuah negara. "Dalam konteks itulah rasa keadilan muncul karena kesadaran kebersamaan menjadi kebutuhan pokok," tukasnya.

Tags : Cak Imin , Indonesia Leaders Forum , Sejarah Keislaman ,

Berita Terkait