Jokowi-Ma`ruf Menang 5-1 Atas Prabowo-Sandi dari 6 Segmen Pemilih

| Selasa, 21/08/2018 16:15 WIB
Jokowi-Ma`ruf Menang 5-1 Atas Prabowo-Sandi dari 6 Segmen Pemilih Rangkuman hasil survei LSI Denny JA tentang elektabilitas Capres-Cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2019 (dok LSI Denny JA)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lembaga Survei LSI Denny JA merilis hasil survei bertajuk Pilpres 2019, Siapa Unggul? Pertarungan Pilpres di Enam Kantong Suara, Selasa 21 Agustus 2018.

Enam kantung suara tersebut adalah segmen pemilih muslim, pemilih non muslim, pemilih wong cilik, pemilih perempuan, kaum terpelajar dan pemilih milenial.

Dari seluruh segmen tersebut, pasangan Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin unggul telak dibanding pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Di segmen pemilih Muslim, 57,7 persen responden mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf memimpin Indonesia. sedangkan 27,9 persen lainnya mendukung Prabowo-Sandi.

Lalu di segmen Non Muslim, pasangan Jokowi-Ma’ruf juga unggul dibanding rivalnya dengan 47,5 persen berbanding 43,6 persen.

Pun demikian di segmen pemilih wong cilik. Sebanyak 54,7 persen responden mendukung pasangan yang diusung oleh koalisi sembilan partai politik itu. Sementara rivalnya hanya meraup simpati sebanyak 25,2 persen.

Kalangan perempuan juga lebih menghendaki Jokowi-Ma’ruf memimpin Indonesia sebanyak 50,2 persen. Nilai ini jauh unggul dibanding pasangan Prabowo-Sandi yang hanya memperoleh 30,0 persen dukungan.

Pasangan prabowo-Sandi hanya mampu meraup kemenangan dan simpati publik dari pasangan Jokowi-Ma’ruf pada segmen kalangan terpelajar sebanyak 44,5 persen berbanding 40,4 persen.

Sedangkan di segmen kelima, yaitu pemilih milenial, pasangan Jokowi-Ma’ruf kembali memperoleh simpati publik yang cukup signifikan 50,8 persen berbanding 31,8 persen untuk pasangan Prabowo-Sandi.

Dari hasil survei ini terlihat jika pasangan Jokowi-Ma’ruf menang telak dibanding pasangan Prabowo-Sandi dengan skor 5-1.

Survei ini dilakukan pada12-19 Agustus 2018 dengan jumlah respondensebanyak 1200. Metode pengumpulan data dilakukan cara wawancara dan multistage random sampling dengan margin error kurang lebih 2,9 persen.

Tags : Jokowi , Maruf Amin , Prabowo , Sandiaga

Berita Terkait