Menkeu Cairkan Dana Bantuan Tsunami Rp 560 Miliar

| Senin, 01/10/2018 20:04 WIB
Menkeu Cairkan Dana Bantuan Tsunami Rp 560 Miliar Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: beritasatucom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mencairkan dana bantuan yang telah disiapkan (dana on call) untuk musibah gempa di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, dan tsunami di Palu dan Mamuju. Dana bantuan yang dicairkan sebesar Rp560 miliar tersebut dari pos Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Hari ini juga sudah cair," kata Menkeu Sri Mulyani seperti dikutip dari kumparan.com, Senin, 1 Oktober 2018.

Menkeu menyampaikan, pihaknya telah memproses Rp560 miliar tersebut sejak Sabtu lalu. "Kami sudah approve dan proses penganggarannya sedang berjalan, sehingga itu kami setujui pada hari Sabtu lalu," terangnya.

Sementara, Direktur Anggaran Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan, dan bagian Anggaran Bendahara Umum Negara Kemenkeu Dwi Pudjiastuti Handayani sebelumnya menyebutkan, otoritas fiskal menyiapkan dana on call itu dalam APBN 2018 sebesar Rp4 Triliun. Dana tersebut termasuk untuk membantu korban bencana, rehabilitasi, dan rekonstruksi pasca bencana, yang dikoordinir oleh BNPB.

"Dalam APBN 2018 dialokasikan dana cadangan penanggulangan bencana Rp4 triliun, yang pemanfaatannya bisa untuk dana siap pakai (on call) dan rehabilitasi, rekonstruksi, pascabencana, yang semuanya dikoordinir oeh BNPB," jelas Dwi. 

Tags : Kemenkeu RI , Dana On Call , BNPB , Bencana Alam