BNPB Mencatat Pengungsi Bencana Sulteng Capai 82.775 Orang

| Selasa, 09/10/2018 21:55 WIB
BNPB Mencatat Pengungsi Bencana Sulteng Capai 82.775 Orang Sutopo Purwo Nugroho (Kepala Data Informasi dan Humas BNPB). (Foto; nusantaranews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah masih melakukan proses evakuasi dan pendataan para korban terdampak bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. BNPB mencatat ada sebanyak 82.775 orang yang mengungsi akibat bencana alam tersebut.

"Saat ini data pengungsi ada 82.775 orang," kata Kepala Pusat Data Informasi Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat konferensi pers di gedung BNPB, Jakarta, Selasa, 9 Oktober 2018.

Sutopo menjelaskan, jumlah pengungsi tersebut tersebar di dua tempat, yakni di Sulteng dan diluar Sulteng. "Ada 74.044 orang yang tersebar di 112 titik di Sulteng dan ada 8.731 orang yang mengungsi diluar Sulteng," jelasnya.

Selain itu, dia juga memastikan Pemerintah telah menyiapkan 16 dapur umum yang tersebar di berbgai titik. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan makanan para pengungsi.

"16 dapur umum yang beroperasi ini siapkan makanan siap saji. Satu dapur umum dapat memproduksi 4.000 nasi bungkus. Ini belum dihitung dari dapur umum yang dibentuk oleh LSM atau bantuan lainnya," tutur Sutopo.

Pemerintah juga terus memperbaiki berbagai fasilitas dan pelayanan publik seperti listrik, pendistribusian BBM, membuka kembali pasar. Langkah tersebut untuk menembalikan aktivitas perekonomian masyarakat. 

Tags : BNPB , Gempa Palu , Evakuasi