Akhirnya, Tim SAR Berhasil Temukan Black Box JT-610

| Kamis, 01/11/2018 12:14 WIB
Akhirnya, Tim SAR Berhasil Temukan Black Box JT-610 Proses evakuasi korban Lion Air JT-610 di paraiaran Karawang (dok twitter @KANSAR_JKT)

KARAWANG, RADARBANGSA.COM - Tim SAR akhirnya berhasil menemukan kotak hitam alias black box Lion Air JT 610 di kedalaman 30 meter di kawasan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Kamis 1 November 2018 pagi.

Informasi dari sorang penyelam, Sertu Hendra mengatakan Black box Lion Air ditemukan dengan kondisi utuh. Kotak hitam itu tengah dibawa Kapal Baruna Jaya I.

Namun, sampai kini Black box Lion Air JT 610 belum mendarat di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Black box berwarna orange itu disimpan dalam kotak besar putih bertutup biru ke perau karet oleh tim SAR.

Sebelumnya, Kamis kemarin, suara atau sinyal black box sudah ditemukan setelah menemukan bunyi ping pada pencarian Rabu kemarin.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berharap tim SAR gabungan juga bisa segera menemukan badan pesawat bertipe Boeing 737 Max 8 yang jatuh di perairan Utara Karawang Jawa Barat dan mengevakuasi korban yang diduga masih terjebak di dalamnya.

Selama tiga hari masa pencarian, tim SAR hanya menemukan bagian-bagian kecil pesawat dan belum bisa menemukan "fuselage" pesawat itu.

Pada operasi pencarian Lion Air JT 610, TNI Angkatan Laut mengerahkan sejumlah kapal antara lain KRI Rigel, KRI Banda Aceh, KRI Lemadang, KRI Tenggiri, dan KRI Sikuda yang sudah difokuskan pada satu titik pencarian.

Bunyi ping yang diduga berasal dari kotak hitam tersebut ditangkap pada kedalaman 32 meter dan berasal dari dua objek.

Tags : Lion Air , Black Box , Basarnas

Berita Terkait